Alur Pendaftaran Mahasiswa Baru TA 2018/2019

Pada tahun ajaran 2018/2019 ini, Institut Parahikma Indonesia membuka 3 jalur seleksi MABA. Jalur pertama adalah jalur undangan yang dilaksanakan pada tanggal 5 Februari – 29 Maret 2018. Jalur undangan ini di prioritaskan bagi 10 besar yang ada di beberapa sekolah. Tim sosialisasi yang terdiri dosen, staf, dan mahasiswa/i IPI telah menyosialisasikan kampus ini di beberapa kabupaten di Sulselbar.

Selain itu, ada jalur reguler yang di buka menjadi dua gelombang. Gelombang I dibuka  dari tanggal 09 April sampai 31 Juni 2018. Sementara gelombang II dibuka dari tanggal 12 Juni – 25 Agustus 2018. Pendaftaran ini di peruntukkan bukan saja bagi lulusan SMA sederajat di Sulselbar, melainkan untuk di luar daerah hingga keluar negeri. Untuk pendaftaran jalur reguler dilaksanakan di sekretariat IPI khususnya Kampus 1 yang berlokasi di Jl. Mustafa Dg. Bunga no. 191 Paccinongan, Gowa. Adapun prosedur pendaftarannya adalah sebagai berikut:

1. Tahap Pendaftaran

Calon mahasiswa/i IPI mengambil formulir serta kartu test di Sekretariat Pendaftaran PMB, di Jln. Mustafa Daeng, Bunga no.191, Pacinongan, Gowa, Sulawesi Selatan (lihat peta) atau bisa melakukan pendaftaran online disni daftar.parahikma.ac.id

2. Tahap Seleksi Ujian

Calon mahasiswa/i IPI melakukan uji tes kompetensi akademik dan wawancara. Setelah itu peserta ujian akan mendapatkan surat keterangan hasil ujian dari penguji (untuk dinyatakan lulus/ lulus bersyarat) dan selanjutnya di serahkan pada bagian Kesekretariatan.

3. Tahap Pendaftaran Ulang

Calon mahasiswa/i IPI melengkapi data administrasi di bawah ini

  1. Fotocopy Ijazah legalisir/SKHU.
  2. Fotocopy Transkrip Nilai Legalisir.
  3. Fotocopy KTP/Kartu Keluarga.
  4. Fotocopy Berwarna Latar Merah (ukuran 2×3, 3×4 dan 4×6 masing-masing 3 lembar)
  5. Fotocopy Bukti Pembayara SPP dan BPP.
  6. Surat keterangan bebas narkoba.
  7. Kartu Test

Untuk melihat rincian pembayaran SPP dan BPP, bisa melihat di sini

4. Tahap Kelengkapan Orientasi MABA

Calon mahasiswa/i IPI melakukan pembayaran seragam almamater, orientasi MABA & NIMKO. Panitia akan memberikan jadwal orientasi MABA & pembukaan kuliah T.A. 2018/2019.


  • Alur pendaftaran ini bisa dilakukan dalam 2 hari bahkan sehari, tergantung kelengkapan persyaratan yang dipenuhi. Ujian seleksi nya pun dilaksanakan di hari yang sama.
  • Jika peserta seleksi kurang tahu lokasi pendaftaran, silahkan menghubungi nomor ini Dahlan (081236239765). Kami sangat menyambut dan bersedia membantu mengarahkan ke lokasi hingga selesai pendaftarann.
  • Bagi pendaftar yang tidak memiliki tempat tinggal sementara bisa tinggal di asrama kampus 1 dengan mengkonfirmasi terlebih dahulu ke nomor Dahlan (081236239765).

Untuk melihat Jadwal Penerimaan (klik disni)

Untuk melihat Rincian Biaya (klik disni)

Untuk melihat Brosur (klik disini)

Pendaftaran Online (klik disini)