TAGS: eksyarkegiatanmpipaitbiukm JPC

diskusi publik jpc 4

Malam Jum’at digunakan oleh Mahasiswa/(i) Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa khususnya yang berkecimpung di Unit Kegiatan Mahasiswa Journalism And Pen Circle (UKM JPC) IPI Gowa ini dengan menggelar bazar yang berbeda dari bazar-bazar sebelumnya.

Kali ini, teman-teman dari UKM JPC (Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa menggelar Diskusi Publik yang bertema: “Seni Memikat Pemikiran Orang Lain”, ini sungguh luar biasa dan memperoleh apresiasi dari para  tamu yang berkunjung, terlebih lagi yang menjadi pemantik diskusi dalam acara ini adalah mahasiswi yang masih terbilang muda. Namanya Titania Ramadhanti dan kerap disapa Kak Nyanya. Beliau merupakan mahasiswi  Prodi Ilmu Ekonomi di Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar.

Bazar ini bertempat di Warkop Jaynet Jl.  Mustafa Daeng Bunga, Paccinongan, Somba Opu pada tanggal 21 Maret 2019 pukul 20.00 WITA. Diantar dengan puisi romantis oleh Basyair dan dipandu oleh moderator humoris, Emi, dan MC yang sangat bersemangat, Mantasiah.

Seni memikat pemikiran orang lain artinya upaya yang dilakukan dalam berkata-kata untuk membuat orang terpengaruh dengan apa yang kita katakan melalui retorika atau public speaking. Seorang public speaker harus mempunya ide, gagasan yang ingin disampaikan. Publik Speaking sama dengan retorika yang bearti kepandaian seseorang berbicara di depan khalayak. Retorika sekarang menjadi sangat menarik karena seseorang bisa mengelabui orang dengan kata-kata, ungkap pemantik.

public speaking jpc 2

Pemantik banyak berbagi strategi membangun kepercayaan diri, tips menghadapi orang yang beda karakter di forum, serta menyampaikan bahwa apapun yang disampaikan oleh seseorang dalam publik speaking sangat dipengaruhi oleh ideologi yang dia miliki atau terapkan.

Adapun pertanyaan yang sempat di sampaikan dari beberapa tamu bazar yang sempat berhadir yakni dari Sofi, Mursyidin yusuf, Hardiansyah, Gustri Wahyuni, dan Yuliana Sapitri. Diskusi ini berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Riska Sapadilla selaku ketua panitia dari kegiatan ini sangat mengapresiasi kinerja teman-teman, walaupun dengan persiapan yang terbilang singkat, namun event ini sangat menggugah wawasan dan semangat untuk lebih mengasah diri utamanya dalam bidang public speaking.

Oleh: Nurul Qayyum (UKM JPC)

 

 

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.