TAGS: bemkegiatanworkshop

workshop-penulisan-jurnal-internasional

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Parahikma Indonesia  mengadakan kegiatan Parahikma Fair yang diadakan selama 3 hari. Pada hari Sabtu, 22 September 2018, yang merupakan hari kedua rangkaian Parahikma Fair, terdapat kegiatan Workshop Intenational Journal Writing dan TOEFL Prediction (Workshop & Tryout) yang dilangsungkan di gedung utama kegiatan, kampus II Institut Parahikma Indonesia. Workshop ini diikuti kurang lebih 120 peserta  yang terdiri dari mahasiswa dan umum dari daerah Gowa dan Makassar.

Workshop International Journal Writing menghadirkan dua pemateri yaitu Andi Anto Patak, S.Pd., M.Pd., Ph.D selaku the Chief advisor of Mendeley yang membawakan materi seputar cara membuat sitasi dan referensi paper/tesis menjadi otomatis terkoneksi. Kemudian dilanjutkan oleh pemateri kedua yaitu  Dr. Kaharuddin, S.IP., M.Hum selaku Internatianal journal reviewer yang menjelaskana seputar Writing and Publishing Paper for International Scientific Journal. Beliau memotivasi peserta, “teruslah menulis apapun statusmu tidak peduli apakah itu dosen, profesor, doktor ataupun mahasiswa semua wajib menulis”.

Setelah kegiatan pertama berakhir, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan kedua yakni Workshop & TOEFL Tryout yang dipandu oleh penerima beasiswa Fulbright 2013-2015, Nurwahidah S.Pd., M.A. TESOL. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah & mengetahui kemampuan peserta dalam hal Bahasa Inggris khususnya kepada mereka yang ingin melanjutkan pendidikan keluar negeri ataupun berkecimpung dalam dunia kerja. Di ruangan berbeda, penjurian lomba Esai dilakukan oleh juri. UKM Journalism and Pen Circle membuka lapak baca, serta beberapa dagangan kecil-kecilan pun turut memeriahkan acara hari ini.

pembukaan-parahikma-fair-oleh-prof-azhar

Parahikma fair 2018 ini secara resmi dibuka oleh pembina yayasan Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A. Pada tanggal 21 september 2018 bertempat di lokasi yang sama. Pembukaan ini mendapat sambutan positif dari para peserta. Pembukaan berlangsung pada Pukul 09:00 WITA yang diawali dengan sambutan tari dari UKM Al-Jazeerah Institut Parahikma Indonesia dimana seluruh civitas akademik pun ikut turut meramaikan acara pembukaan acara tersebut.

pembuakaan-parahikma-fair-2018-hasby

‘’Ini bukan hanya ajang perlombaan untuk mendapatkan hadiah tapi dengan adanya acara ini juga menjadi melatih seberapa besar  kemampuan dirimu’’,  jelas Rektor IPI, Hasbi, S.E., M.Ak pada sambutannya. DI hari yang sama, setelah pembukaan, dilangsungkan beberapa perlombaan diantaranya tilawah yang dilaksanakan masjid sedangkan lomba Arabic and English speech untuk siswa SMU/MA sederajat dilaksanakan di gedung serba guna. Di sela-sela acara Parahikma Fair ini, hiburan akustik menjadi penyegar suasana.

pembukaan-parahikma-fair-oleh-kurator-fatur

Fatur Rahman selaku ketua umum kurator menjelaskan bahwa acara ini dibuat dengan persiapan yang sangat minim dan butuh semangat serta kerja keras yang lebih baik lagi dari seluruh panitia agar seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan baik hingga akhir acara nanti. Kegiatan ini disponsori oleh Kementrian Agama Republik Indonesia dan diliput TVRI dan didukung oleh Dinas Sosial, Pemerintah Kota Makassar, Estetika UINAM, dan banyak lagi.

Event ini diharapkan menjadi ajang silaturahmi, promosi kampus, memperluas wawasan seputar dunia akademik kampus serta mengasah bakat serta minat generasi muda terkhusus yang berdomisili dan menjalani pendidikan di wilayah Gowa dan Makassar.

Oleh: Asrina dan Nurhadisa (UKM­_JPC)

Author

Perjalanan ribuan mil dimulai dengan satu langkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.