Civitas Akademik IPI mengadakan sholat Gerhana berjamaah di Masjid Kampus 1
TAGS: civitas akademikpembina yayasan

Gerhana bulan dalam bahasa Arab disebut “khusuf”. Saat terjadi fenomena gerhana bulan kita dianjurkan untuk mengerjakan shalat sunah dua rakaat atau shalat sunah khusuf. Shalat sunah ini terbilang sunnah muakkad.

Melihat Fenomena gerhana bulan Total (GBT)  akan terjadi pada hari rabu,31 januari 2018 maka dari itu Civitas Akademik Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa, melaksanakan shalat Khusuf berjamaah di masjid Muhajidin Jl.Mustafa Dg.bunga Paccinongan gowa Yang di Pimpin langsung oleh Pembina Yayasan Parahikma Indonesia Prof. Dr. Azhar Arsyad M.A. dan sekaligus menjadi khatib shalat Gerhana Bulan Total.

Sekitar puluhan orang hadir untuk melaksanakan shalat gerhana secara berjamaah baik dari kalangan Orang tua, remaja bahkan anak anak pada umumnya. Shalat gerhana dilangsungkan sekitar pukul 20:52 Wita.  Pembina Yayasan Parahikma Indonesia Prof. Dr. Azhar Arsyad M.A  mengatakan shalat gerhana bulan maupun matahari bukanlah suatu tanda akan timbul kejadian yang aneh dan mengkhawatirkan. Gerhana, menurutnya, tidak lain adalah bukti kebesaran Allah SWT.

Dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan Gerhana total mulai pada pukul 20.51 Wita, puncak gerhana total terjadi pada pukul 21.29 Wita. Gerhana total berakhir pada pukul 22.07 Wita yang kemudian masuk pada fase gerhana sebagian berakhir pada pukul 23.11 Wita, dan fase terakhir yakni gerhana penumbra berakhir pada pukul 00.08 Wita

Malam ini, Rabu (31/1/2018) Gerhana ini dapat disaksikan dengan mata telanjang ataupun teleskop di seluruh wilayah Indonesia.

 

Azhar  – Hartas Hasbi (INSTITUT PARAHIKMA INDONESIA ) Mewartakan.

Author

Perjalanan ribuan mil dimulai dengan satu langkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.