disemasi spmi

Institut Parahikma Indonesia (IPI) melaksanakan Desiminasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada hari Jumat 27 July 2018. Kegiatan tersebut bertujuan sebagai transfer knowledge dan sharing experience para peserta Lokakarya yang telah diselenggarakan oleh RISTEK DIKTI.

Transfer knowledge di desain menjadi seminar dipandu oleh Muhammad Asriady, S. Hd., M. Th. I dan Narasumber Mansyur, S. Pd, I., M. Pd. I. (Struktur SPMI), Wahidah, MA. TESOL. (Pengantar SPMI) dan Hartas Hasby, SE., M. Ak. (Kebijakan SPMI).

Diseminasi tersebut dibuka langsung oleh Rektor IPI, dalam sambutannya disampaikan bahwa pengembangan pengetahuan pengembangan mutu perguruan tinggi yang telah diikuti oleh Ketua LPM, Wakil Rektor dan Ketua Prodi agar ditransfer kepada seluruh civitas akademik IPI sehingga Standar Nasional mengenai Mutu perguruan tinggi semakin nyata dan budaya mutu semakin hidup di IPI. Para peserta dari perwakilan masing-masing prodi agar memperhatikan secara serius kemudian kita memulai secara seksama meningkatkan kualitas mutu di program studi masing-masing.

Setelah presentasi selesai dilanjutkan arahan dari pihak Yayasan IPI disampaikan oleh Dr. Muhammad Rusydi, M. Pd, dengan harapan kerjasasama kolektif perlu diindahkan karena bukan hanya pihak LPM yang bekerja, tapi semua elemen institusi harus ikut berkontribusi. Diibaratkan pemain bola untuk mencetak gol mustahil jika hanya satu orang bertindak sebagai kipper, bek, gelandang sampai penyerang. Dari ibarat tersebut ada pelatih unggul ungtuk mengukur kualitas pemain dan menentukan strategi agar memperoleh kemenangan. Dari ibarat tersebut Jika ingin berhasil harus ada pelatih dan yang bertindak sebagai pelatih adalah LPM Institusi.

disemasi spmi-foto-bersama

SPMI Merupakan Ruh Mutu dan Kualitas IPI, sehigga perhatian untuk ini harus fokus demi melengkapi data borang berujung akreditasi terbaik kedepan.

Adapun intisari materi dari masing-masing narasumber bahwa:

  1. Ibu Wahidah tentang “Pengantar SPMI” Mengenai pentingnya SPMI, diperlukan kinerja aktif untuk mendukung borang Prodi, Fakultas dan Institusi. Semangat untuk mempelajari dari memahami lalu bersamasama mengerjakan borang.
  2. Pak Hasbi “Kebijakan SPMI”Banyak mendengar dan belajar ketika mengikuti Workshop SPMI di selenggarakan oleh RISTEK DIKTI dan IPI kemudian Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal di tuntaskan standar nasionalnya lalu menambah ciri khas standar IPI, dari hal itulah tercipta budaya mutu internal dan budaya mutu eksternal.
  3. Pak Mansyur “Struktur SPMI” dimulai mengrjakan secara tuntas dari SN Pendidikan, SN Peneltian serta SN Pengabdian Masyarakat, lalu membuat buku kebijakan SPMI.

Ditulis oleh Muhammad Asriady

Author

Perjalanan ribuan mil dimulai dengan satu langkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.