TAGS: kegiatankuliah umum

Kuliah Umum Mahasiswa Institut Parahikma Indonesia berlangsung dikampus II, Jln. Tamangapa Raya, No. 168 Makassar. 30 April 2018, membahas tema tentang Pentingnya mengenal diri dan sholat, dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt dan Rasulullah saw.

Ketua Yayasan Institut Parahikma Indonesia, Rektor, Seluruh Civitas akademik IPI dan Mahasiswa turut berhadir menyimak dengan seksama pengetahuan yang disampaikan oleh bapak Dr. Waryani Fajar Riyanto, M. Ag.

Spiritualitas itu berbeda dengan ruh, berbicara ruh berarti selalu bersandar kepada Tuhan, jika berbicara spiritualitas boleh menafikan, bahwa Tuhan boleh tidak terlibat, sebagaimana spiritualitas di Barat. Kajian ini merupakan kajian lama yang telah hilang, di zaman modern ini IPI mengkaji dengan melibatkan beberapa pakar, termasuk pemateri kuliah umum yang didatangkan dari Jogjakarta.

permateri-waryani-fajar

Kecerdasan intelektual harus beriringan dengan spiritualitas, karena pengetahuan yang tinggi tanpa memahami nilai-nilai spiritualitas yang ansih, akan terjadi peristiwa berbahaya. Misalnya jika pengetahuan manusia mampu membuat bom atom, kemudian setelah bomnya selesai akan mampu meluluh lantahkan segala yang disekitarnya. Bom atomnya tidak berbahaya, tetapi yang berbahaya itu orang yang memencet tombol peledak bomnya.

IPI memberikan sajian spiritualitas kepada Mahasiswa, agar dimasa depan mahasiswa memiliki kemampuan mengembangkan pengetahuannya dan mengontrol dirinya dalam mengamalkan pengetahuannya.

Pada kuliah umum tersebut, terjadi dialog aktif yang memancing rasa penasaran mahasiswa dan dosen mengenai spiritualitasi intelektual. Dr. Waryani Fajar memberikan jawaban ilmiah disetiap pertanyaan mahasiswa, jawabannya bukan semata berlandaskan logika tetapi berlandaskan Al-Qur’an.

Diakhir, pemateri mengingatkan bahwa, siapapun kita tiidak boleh terburu-buru dan tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu, tapi harus niat dan tertib. Jika ingin memulai sesuatu, niat Harus sesuai dengan yang di ikrarkan lalu diamalkan dengan tertib.

Banyak tantangan yang terjadi di zaman millennial, IPI menjadi wadah untuk menanamkan perisai agar menghadapi segala tentangan zaman. Dengan kajian pengetahuan berbasis Hikmah tanpa menafikan seluruh pengetahuan di fakultas Tarbiyah dan keguruan serta fakultas Ekonomi Syariah, penguasaan Bahasa inggris dengan baik untuk semua prodi, dan penguasaan ICT bagi seluruh mahasiswa.

Ditulis oleh Muhammad Asriady

Author

Perjalanan ribuan mil dimulai dengan satu langkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.