E-Fun Celebes Project : Realisasi program SUSI

Setelah UP Project yang dilaksanakan oleh Mursyid sebagai alumnus program SUSI 2019 beserta tim direksi di Bone, ia bersama teman-teman direksi kembali merealisasikan prokek berbeda yang bernama “E-Fun Celebes” yang akan digelar di beberapa kota/kabupaten di Sulawesi Selatan.

 Sama halnya dengan UP, E-Fun Celebes juga disponsori oleh pihak yang sama, yaitu Department of State, Meridian International Center, dan Consulate General US, Surabaya. Tak hanya itu, UP juga menjadi bagian dari terlaksananya event internasional ini. E-Fun Celebes merupakan proyek bahasa Inggris yang diperuntukkan kepada siswa SMA/MA sederajat di Sulawesi Selatan. Tujuan dari proyek ini adalah untuk membantu para siswa mengembangkan kemampuan bahasa Inggris dengan metode yang tidak terlalu sulit.

Terdapat beberapa item dalam proyek ini, seperti listening, forum group discussion (FGD) –Untuk pengembangan speaking, English basic, reading, beberapa games edukatif, serta beberapa item penting lainnya, termasuk informasi pertukaran pelajar YES yang diperuntukkan kepada siswa SMA/MA sederajat. Adapun yang menjadi bagian dari tim ini berasal dari mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin dan Institut Parahikma Indonesia, namun mahasiswa(i) mendominasi dalam mewujudkan proyek.

 E-Fun Celebes telah terlaksana di salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan, tepatnya di Pondok Pesantren al-Ikhlash ad-Dary DDI Takkalasi (01/03). Terdapat 50 partisipan di capter pertama tersebut. Kepala Madrasah Aliyah MA DDI Takkalasi sangat senang dengan diadakannya kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk anak-anak MA di sini. Apalagi bahasa Inggris adalah satu ilmu yang sebaiknya untuk dipelajari”, ucapnya dalam sambutannya. Selain itu, ia juga menghimbau agar peserta bisa antusias dan semangat belajar bahasa Inggris. “Kami sangat senang karena menjadikan pesantren kami sebagai objek pertama dari kegiatan ini. Kami juga berharap semoga akan ada kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan di pesantren kami, khususnya di Madrasah Aliyah”.

E-Fun Celebes capter Barru berlangsung hanya selama sehari, tapi semangat para peserta benar-benar luar biasa, mereka bahkan berharap akan ada kegiatan seperti ini kembali. Salah satu peserta menyatakan bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa internasional dan itu akan berguna jika kita punya mimpi ke luar negeri.

 Selaku project leader, Mursyid berharap agar peserta terus belajar dan mengembangkan potensi mereka tanpa harus menunggu guru atau perintah dari orang lain. Untuk mengetahui bagaimana keseruan E-Fun Celebes, silahkan kunjungi akun instagram @efun.celebes dan nantikan kegiatan ini di kota lain. E-Fun Celebes, “English is Fun for Everyone”

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.