Himpunan Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris mengadakan kegiatan English Brotherhood
TAGS: fakultas tarbiyah dan keguruanhmjhmptadris bahasa inggris

Pada tanggal 23 sampai tanggal 24 Januari 2018 lalu, telah dilaksanakan kegiatan Brotherhood yang bertempat di rumah adat Mandar, Benteng Somba Opu, Gowa. Broterhood merupakan salah satu program tahunan yang diprakarsai oleh English Education Department Students’ Association (EDENTSA) atau Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Tadris Bahasa Inggris (TBI), Institut Parahikma Indonesia. Terpilih sebagai ketua panitia adalah Syukryansyah Danial, mahasiswa TBI semester 3. Kegiatan ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa TBI dengan cara dan suasana yang lebih menyenangkan. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menjadi ajang silaturahmi, saling mengenal dan menjalin kebersamaan antara mahasiswa TBI semester satu dan semester tiga, mengajarkan peserta untuk berkerjasama dalam tim (team work), dan menambah wawasan.

Kegiatan Brotherhood ini dibuka oleh dosen TBI sekaligus wakil rektor tiga bidang administrasi dan keuangan ibu Nurwahidah, S. Pd., MA TESOL menggantikan ketua program studi bahasa Inggris bapak Abdi Syam, S. Pd., MA TESOL yang kebetulan berhalangan hadir pada saat acara pembukaan. Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa dosen TBI dan staff di lingkungan Institut Parahikma Indonesia. Beberapa materi tentang bahasa Inggris dan keorganisasian disampaikan oleh dosen-dosen TBI dan Pembina BEM Institut Parahikma Indonesia.

Selama kegiatan ini, seluruh peserta dan panitia yang terdiri dari seluruh mahasiswa jurusan TBI dari semester satu dan semester tiga diwajiban menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi; dan peserta atau panitia yang melanggar aturan – menggunakan bahasa selain bahasa inggris, dikenakan hukuman. Hal ini dimaksudkan untuk memperlancar kemampuan speaking mahasiswa TBI dan membiasakan mereka menggunakan bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari. Tak kalah penting, kegiatan ini tetap mengedepankan suasana religi sebagai mahasiswa kampus berbasis islam seperti sholat bejamaah ,tilawah dan kultum.   Seluruh peserta maupun panitia sangat antusias mengikuti kegiatan ini, karena mereka menilai kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah keilmuan mereka.

Sebagai kampus yang berbasis islam, Institut Parahikmah Indonesia selalu menanamkan nilai-nilai kebersamaan dan persaudaraan antar mahasiswa, sehingga tidak ada dominasi senior atas juniornya, tidak ada acara perpeloncoan apalagi bullying baik antara mahasiswa senior dan yunior maupun antar mahasiswa seangkatan.  Brotherhood adalah salah satu kegiatan yang ditujukan untuk memupuk nilai-nilai tersebut.

 

Ditulis oleh Sry Mulyani

Author

Perjalanan ribuan mil dimulai dengan satu langkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.