TAGS: hmps tbi edentsaidp education makassarielts workshopIPIkegiatantadris bahasa inggrisUKM bahasaukm JPC

Setelah kurang lebih sepekan berlalunya Scholarship Sharing Session “5 Benua” dan Try Out TOEFL, pada akhir pekan minggu ini tepatnya tanggal 14 Maret 2019, Institut Parahikma Indonesia kembali mengadakan IELTS Workshop: Study Overseas and IELTS Coaching Clinic. Kegiatan tersebut dihelat melalui kerjasama antara idp Education Makassar bersama beberapa elemen IPI diantaranya Prodi Tadris Bahasa Inggris, HMPS Edentsa (English Education Students Association), UKM Bahasa  CLF (Creative Language Forum), dan UKM JPC (Journalism and Pen Circle).

Dalam pembukaan acara, Wakil Rektor III yang diwakili oleh Abdullah Muhammad S.Pd.I, M.Pd.I memaparkan bahwa event seperti ini sangat penting untuk menambah skil kita dalam Bahasa Inggris, dan membuat kita terus bersemangat untuk memperoleh beasiswa luar negeri. Aminah S.Pd.I, M.Pd. selaku Kepala Prodi Tadris Bahasa Inggris juga memotivasis seluruh peserta untuk mempelajari tidak hanya TOEFL, tapi juga IELTS sebagai prasyarat untuk menjemput impian belajar di luar negeri. Di samping itu, Australia adalah negara yang sangat welcome dengan multikultural dan banyak mahasiswa Indonesia yang belajar disana sambil kerja part-timer, tambahnya.

Setelah beberapa sambutan, Tadris Bahasa Inggris melakukan penandatanganan MoU dengan idp Education Makassar. Kerjasama ini diharapkan akan memberi benefit kepada kedua belah pihak baik seputar IELTS coaching clinic, pengembangan SDM dosen, info beasiswa, Working Holiday Visa, Study Tour, akomodasi, kampus dari Australia, New Zaealand dan United Kingdom, serta program bermutu lainnya. Ovy Marloana, manager idp Education Makassar, menyampaikan bahwa mereka juga melakukan kerjasama dengan instansi-instansi lain guna meningkatkan Sumber Daya Manusia melalui berbagai program tersebut.

Kegiatan yang dimulai dari pukul 07:30 ini berakhir pada pukul 15:00 WITA. Selain pengenalan tentang idp, para peserta juga mendapatkan penjelasan mengenai cara mengerjakan soal IELTS seputar Listening, Reading, Writing, dan Speaking dan dilanjutkan dengan simulasi Reading dan Listening saja karena keterbatasan waktu. Di sela kegiatan, ada sesi Quiz yang sangat seru dan peserta berkesempatan untuk berpartisipasi dengan peroleh hadiah yang disediakan oleh idp.

Pada event tersebut fasilitator yang secara keseluruhan adalah dari pihak idp education Makassar merekomendasikan peserta dan dosen untuk apply beasiswa ke luar negeri, dan menghubungi mereka untuk konsultasi pengurusan LoA (Letter of Acceptance), menghubungi kampus yang sekiranya sesuai dengan field of education yang diminati, akomodasi yang cocok, dan sebagainya.

ielts ipi 5

 

Pihak birokrasi serta para dosen dan Rektor IPI, Prof. Azhar, senantiasa menginsppirasi serta merekomendasikan mahasiswa/i IPI untuk melanjutkan studi dan bekerja di luar negeri. Olehnya itu berbagai program disediakan di kampus ini, baik pelatihan Bahasa Inggris berupa General English dan TOEFL, mereka juga sering mengikuti Motivation Seminar for studying overseas dan Workshop terkait pengembangan skill khususnya Bahasa Inggris.

 

Penulis: Nurisnawiyah (UKM JPC)

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.