TAGS: daeng mampodemaeksyarIPImpipaitbitvri

tvri 3

Tepat di usia TVRI yang ke-56, TVRI melakukan perubahan atau rebranding logo yang ke -8. Untuk memperingati hal tersebut, IPI diundang untuk menghadiri  acara Daeng Mampo (Dendang mari–mari poso). Kami berkesempatan untuk hadir di acara tersebut sebagai audience sekaligus dalam rangka memperkenalkan kampus kami ke khalayak luas. Tak hanya itu, rasa bangga dan bahagia tergambar di raut wajah kami semua karena berkesempatan bersilaturrahmi dengan crew TVRI dan mengenal lebih dekat budaya Makassar.

Acara tersebut belangsung pada hari Selasa 2 April 2019 tepatnya di Jl. Pajonga dg. Ngalle no. 14 Mario, Mariso, kota Makassar Sulawesi Selatan selama satu jam mulai pukul 17.00 – 18. 00 WITA, di gedung TVRI Sulawesi Selatan. Pada acara yang sangat meriah tersebut ada penegenalan seputar logo TVRI yang baru dan juga mengenai adat budaya di suku bugis Makassar.

TVRI yang dikenal sebagai channel TV yang konsisten mengangkat budaya lokal diharapkan juga bisa going global. Dengan adanya perubahan logo baru TVRI diharapkan menjadi semangat baru bagi seluruh staf atau crew yang bekerja di stasiun TV ini.. TVRI Sulawesi Selatan adalah channel yang paling tinggi ratingnya diantara TVRI dari daerah lain. Acara daeng mampo ini adalah salah satu acara terfavorit masyarakat, jelas Ir. Fuad Syarif MM, selaku Plt. Kepala Stasiun TVRI Pusat.

tvri 4

Setelah diselingi dengan lagu—lagu Makassar dan dijelaskan oleh Opa Ferial, seorang budayawan menjelaskan makna logo TVRI ini secara pendekatan budaya dan filsafat. Istilah “Appa Sulapa” dan puisi tentang Kebesaran Ilahi dalam Bahasa Makassar turut membuat suasana menjadi cukup sakral namun tetap terhibur karna adanya selingan lagu daerah.

“Kami dari pihak kampus Institut Parahikma Indonesia (IPI) sangat bangga pada TVRI semoga di hari berbahagia ini TVRI bisa menjadi stasiun televisi nomor 1 di Indonesia dengan tagline terbarunya TVRI “ media pemersatu bangsa “, yang tersebar ke seluruh pelosok Indonesia.  Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak TVRI dan semoga TVRI makin jaya dan makin sukses”, ungkap salah satu mahasiswa IPI yang turut hadir.

tvri 6

Walaupun kami dari kampus bernuansa islam, tetapi kami diajarkan bagaimana menanamkan kecintaan pada budaya bangsa dan menyuburkan jiwa nasionalisme. Dengan landasan Pancasila dan kebanggaan terhadap keanekaragaman adat istiadat yang ada, merupakan prinsip bangsa yang perlu dijaga dan dilestarikan, terutama oleh generasi muda bangsa ini.

 

Penulis: Emi Sri Rahayu Fatimah (UKM JPC)

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.