IPI Diundang Mengisi Acara di Smart FM Makassar
TAGS: ekonomi syariahfakultas ekonomi dan bisnis islamfakultas tarbiyah dan keguruanIPImpipaitbiukm IPIukm JPC
Foto bersama host “the Campus Voice” Smart FM Makassar, Mbak Novika Hendry

Makassar, Kamis 11 Juli 2019 tepat pada pukul 15.00 WITA bertempat di studio radio Smart FM Makassar yang beralamat di jl. Baji dakka kota Makassar, Kampus Institut Parahikma Indonesia diundang mengisi acara tentang wacana seputar kampus yaitu “The Campus Voice”. Acara ini diperuntukkan bagi kampus untuk memperkenalkan segala hal tentang kampusnya seperti alasan memilih kampus itu, kegiatan apa yang menunjang, fasilitas apa saja yang disediakan, prestasi yang ditorehkan, dll.

Saat ditanya tentang alasan mengapa disebut Kampus Institut Parahikma Indonesia, dosen pembina menjelaskan karena hikmah itu secara etimologi berarti kebaikan, kebijaksanaan, dan pengendali. Ia adalah sesuatu mengendalikan kita dari perbuatan tercela dan mengajak kita kita untuk berbudi luhur atau berakhlaqul karimah.

Di IPI ada trilogi yang menjadi ciri khas yakni ilmu hikmah (ilmu agama berdasarkan Qur’an dan hadits)/ ilmu tentang kebajikan, Bahasa Inggris, dan ICT yang membedakan kampus kami dengan kampus lainnya. Ilmu hikmah bertujuan  membentuk Character building dan beretika yang baik (kecerdasan emosional dan spiritual). Mahasiswa juga dibekali dengan ICT atau online system.

Pada talkshow tersebut juga, mahasiswa memperkenalkan beberapa UKM yang ada di kampus diantaranya UKM seni al-jazeera, UKM Journalism and Pen Circle (JPC), dan juga UKM olahraga. Sebenarnya masih ada lagi UKM lain seperti UKM Kewirausahaan, UKM taekwondo, UKM Bahasa, dll. Namun karena terbatasnya waktu, tidak sempat dijelaskan semuanya.

Adapun cara IPI menghadapi industri 4.0. adalah dengan menerapkan ICT di semua jurusan. Semua informasi akademik bias diakses secara online melalui SIAKAD dan bahkan menerapkan Moodle yaitu  Learning Management System (LMS) dalam pembelajaran.

Selanjutnya, terkait Bahasa Inggris, seluruh mahasiswa diberikan pelatihan Bahasa Inggris selama 3 tahun yakni General English dan TOEFL. Selain itu, bagi masyarakat yang ingin kursus Bahasa Inggris, Pusat Bahasa IPI juga menyediakan kursus.

Di sela talkshow, para mahasiswa memberikan dua persembahan lagu dan puisi. Mereka semua adalah perwakilan prodi di IPI yakni dari prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI) Zuhaldi dan Errand,  Hasrianti dari Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Irfan dari Pendidikan Agama Islam Internasional (PAI), dan Emi serta Hesti dari prodi Ekonomi syariah (EKSYAR). Untuk info lebih lengkapnya, video talkshow bisa diakses di link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=RuSR5CEUDK4.

Terima Kasih banyak buat Smart FM yang telah mengundang kami dan Smart Listeners yang ikut menikmati program ini. Sukses selalu buat Smart FM.

Penulis: Emi Sri Rahayu Fatimah (UKM JPC)

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.