IPI Kampusnya Generasi Millenial dengan Segudang Prestasi
TAGS: ASEAN Couchcrash 2019eksyarfakultas ekonomi dan bisnis islamfakultas tarbiyah dan keguruanIPIkampus 2 ipimpipaiPrestasi IPISUSI Students Exchange Programtbiyseali

Di era millennial yang serba digital ini, kita musti selektif dalam memilah dan memilih lembaga pendidikan yang sesuai dengan tuntutan zaman. Era yang dominan teknologi, dengan persaingan global, namun juga tetap memperhatikan aspek kecerdasan emosional dan reliji. Institut Parahikma Indonesia (IPI) hadir di Indonesia Timur, khususnya di daerah Gowa dan Makassar untuk menjawab fenomena tersebut.

IPI dengan trilogy system nya, yaitu Information Cammunication and Technology (ICT), English (Bahasa Inggris), dan wisdom (pengetahuan agama untuk membentuk karakter pribadi yang berbudi luhur). Ketiga komponen tersebut adalah ciri khas kampus demi terwujudnya generasi millennial yang berperadaban, cerdas, dan terampil. Dari aspek dunia, penguasaan ICT dan Bahsa Inggris sementara aspek ukhrawi dari penanaman nilai etika dan lingkungan bernuansa islami.

Selain profesionalisme terkait prodi yang dipilih seperti Tadris Bahasa Inggris (TBI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Agama Islam (PAI) Internasional, dan Ekonomi Syari’ah, IPI juga menyediakan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sebagi wadah pengembangan bakat dan minat mahasiswa seperti seni, jurnalistik, volunteer, public speaking, desain grafis, kepenulisan, kewirausahaan, olahraga, pengembangan bahasa, dsb.

Untuk menerapkan semua itu, IPI meneyediakan berbagai fasilitas berupa sarana dan prasarana yang sangat menunjang. Seperti fasilitas yang ada di Kampus 1, Jl. Mustafa Dg. Bunga no. 191, terdapat spot wifi 2 jam, lab Bahasa dan Microteaching, Aula, serta beberapa ruang kelas yang juga dimaksimalkan selain untuk proses belajar mengajar, juga digunakan ketika ada event yang dihelat kampus, bertaraf lokal, nasional, dan internasional.

Di Kampus 2 IPI yang terletak di Jl. Tamangapa Raya no. 168 Antang, Makassar memiliki nuansa pesantren dengan fasilitas masjid, asrama mahasiswa, spot wifi 24 jam, Aula, ruang kelas, dan fasilitas olahraga antara lain: badminton, takraw,  tennis meja, dll. Nilai plus nya adalah ada banyak ekstra kegiatan yang dilakukan di kampus ini, seperti extra English class buat mereka yang ingin praktek mengajar dan memperdalam Bahasa Inggrisnya. Tadarrusan, Hafalan ayat Qur’an, Yasinan, dan kegiatan reliji lainnya.

Dengan adanya fasilitas tersebut dan program yang melejitkan skill dan profesionalisme mahasiswa, segudang prestasi bertaraf nasional maupun internasional telah ditorehkan. Adapun prestasi bertaraf Internasional diantaranya adalah:

  1. ASEAN Couchcrash 2019 melibatkan Couchsurfing se-Indonesia dan ASEAN yang berlangsung selama tiga hari tepatnya dari tanggal 1-3 Maret 2019. Perwakilan dari IPI adalah dari prodi Tadris Bahasa Inggris, ada Nur fitriana, Nurul mutmainnah, Gustri wahyuni, A. Nur zuhaldi and A. Marami emir makkasau. Sementara dari prodi Ekonomi Syariah antara lain Nur fitriani, Nur aisa, Zaskia j and Riska rabiana.  Berita selengkapnya bisa diakses di http://parahikma.ac.id/prestasi-luar-biasa-mahasiswa-i-ipi-dalam-event-internasional-asean-couchcrash/
  2. Possible Work Project yang disponsori oleh Biro Pendidikan dan Kebudayaan Amerika,  American Councils, dan program Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) yang bertujuan untuk  membantu alumni SMA/SMK berkarir secara professional melalui pelatihan soft skills, dan menghubungkan mereka dengan beberapa perusahaan di akhir program. Event tersebut akan dilaksanakan di Rotterdam Fort, Makassar dari tanggal 30 Juli – 04 Agustus 2018. Volunteer yang lolos dari IPI adalah Syukryansyah dan Nurul Muthmainnah dari prodi Tadris Bahasa Inggris. Berita selengkapnya bisa diakses di http://parahikma.ac.id/mahasiswa-ipi-mampu-bersaing-dalam-kegiatan-internasional/
  3. Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI), dalam program Seeds for the Future. Proyek yang dijalankan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas komunitas, negara, dan seluruh wilayah yang berkaitan dengan program berkelanjutan, Sustainable Development Goals (SDGs). Mahasiswa IPI yang terlibat dalam event ini adalah Mursyidin Yusuf dari prodi Manajemen Pendidikan Islam. Berita selengkapnya bisa diakses di http://parahikma.ac.id/partisipasi-mahasiswa-ipi-dalam-yseali-program-yang-diinisiasi-amerika-serikat/
  4. Students Exchange of Study of the U.S. Institutes (SUSI)  for Student Leaders program perwakilan Indonesia adalah juga Mursyid dari prodi MPI. Berita selengkapnya bisa diakses di http://parahikma.ac.id/perjalanan-mahasiswa-ipi-sebagai-duta-indonesia-di-amerika-serikat/

Dan masih banyak lagi prestasi yang diukir oleh mahasiswa/i IPI bukan saja dalam bidang yang ada kaitannya dengan Bahasa Inggris, volunteer, dan seni, tapi juga di bidang olahraga, taekwondo, pidato, yang berhasil disabet oleh Basyair, mahasiswa Pendidikan Agama Islam, dan masih banyak lagi prestasi lainnya yang tidak sempat disebutkan disini.

Tunggu apa lagi? SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA DI KAMPUS INI. Kesuksesan anda di masa depan, bisa dimulai di tempat ini. Untuk gelombang 2 pendaftarannya berakhir pada tanggal 25 Agustus 2019. Bisa mendaftar via online dengan klik: http://daftar.parahikma.ac.id/langkah. Dan contact person yang bisa dihubungi: Dahlan (081236239765) atau 081355435696.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.