Kampus Berkualitas di Indonesia Timur Bernuansa Islami dan Bahasa Inggris

Kampus IPI adalah salah satu kampus termuda yang ada di wiayah Indonesia Timur. Tahun 2018 adalah tahun akademik bagi angkatan kedua pada institusi ini. Meskipun ada beberapa kampus negri yang umumnya menjadi prioritas lulusan SMA sederajat dan beberapa kampus swasta lain yang juga punya kelebihan masing-masing, IPI tetap optimis terus berkembang dengan adanya visi misi yang jelas serta beberapa tawaran yang nantinya di harapkan akan menciptakan generasi bangsa yang cerdas, terampil, serta berperadaban.

Dengan adanya 4 jurusan yang ada di kampus ini, seperti Tadris Bahasa Inggris, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Agama Islam (bertaraf Internasional) dan Ekonomi Syariah, mahasiswa/i bisa memilih profesionalisme yang di minati.

Selain itu, berdasarkan trilogy pendidikan yang ada di institute ini, yakni Islamic Spiritual Wisdom (pengetahuan untuk peningkatan spiritual), English mastery, dan ICT, maka mahasiswa/i memperoleh beberapa program terkait dengan peningkatan SDM tiap individu. Pengajian yang dilakukan sekali seminggu serta perhatian seluruh civitas akademika kampus, membuat tiap mahasiswa/i memiliki kepribadian yang baik (emotional and spiritual intellegences) yang menjadi bekal akhirat dan bersosialisasi dengan masyarakat nantinya.

Untuk program Bahasa Inggris, kampus ini meneyediakan program PIKIH (Pencerahan Imani dan Keterampilan Hidup) sebagai program ekstrakulikuler selama kurang lebih 3 tahun dan wajib di ikuti oleh seluruh mahasiswa/i, sehingga ketika menjadi alumni bisa mendapatkan ijazah, sertifikat kursus, sertifikat TOEFL, tanpa harus kursus lagi setelah kuliah. Di samping itu, mahasiswa/i juga dibekali skill untuk menghadapi dunia kerja, seperti cara membuat CV, surat lamaran kerja, tips interview, bahkan tips memperoleh beasiswa keluar negeri bagi yang ingin melanjutkan studi.

ICT sebagai ciri khas di era millennial ini juga menjadi media pembelajaran yang di lengkapi dengan free wifi selama 24 jam di kampus. Jadi, untuk mengerjakan tugas atau menambah wawasan melalui teknologi bukan lagi masalah besar. Penggunaan LCD serta email dan pembuatan video adalah hal sederhana yang wajib di kuasai. Adapun pendalaman materi dikembangkan dalam mata kuliah Komputer. Dengan kompetensi pribadi yang berdaya saing di era digital, para mahasiswa/i bisa berkompetisi dengan mahasiswa/i universitas negeri manapun, khususnya kampus bernuansa islami.

Untuk mengasah keterampilan serta bakat mahasiswa/i, IPI menyediakan beberapa UKM antara lain UKM Jurnalistik dan Kepenulisan bagi mereka yang tertarik di dunia media serta ingin jadi penulis. UKM seni, UKM Bahasa, UKM olah raga, UKM Dakwah dan religi juga bagi mereka yang berbakat di bidang-bidang tersebut. UKM Kewirausahaan juga menjadi opsi yang memadahi kreativitas bisnis mereka dalam mengarungi dunia kerja setelah menjadi alumni. Jadi, insya Allah tidak ada pengangguran bagi alumni IPI, karna seluruh bekal SDM sudah di persiapkan sejak awal. Itulah alas an cerdas memilih IPI sebagai wadah menempa diri untuk bekal dunia serta akhirat.

 

Ditulis oleh Aminah

Author

Perjalanan ribuan mil dimulai dengan satu langkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.