Webinar Tadris Bahasa Inggris di masa New Normal
TAGS: EDENTSAftk ipiIPIprodi tbi

Sejak adanya pandemi Covid-19 berbagai lembaga pendidikan melakukan kegiatan berupa Webinar. Hal itupun yang membuat prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI) dan Himaprodi TBI berinisiasi untuk melakukan hal serupa.

Pada akhir semester genap, mahasiswa/i IPI tingkat akhir menjalankan tugas akhirnya, yakni penyelesaian studi dengan membuat skripsi. Seminar proposal dilaksanakan tidak hanya via online, ada pula yang melaksanakannya via offline, tentu saja dengan tetap menjalankan protokol kesehatan selama pencegahan pandemi. Membatasi jumlah peserta seminar juga menjadi bahan pertimbangan pelaksanaan seminar.

Di tengah kesibukan penyelesaian studi tugas akhir tersebut, para dosen pada lingkup TBI mengadakan Virtual Workshop bertemakan: “Quantitative Research Method in Language Teaching”. Kegiatan ini dihelat pada hari Sabtu, 08 Agustus 2020 yang bertujuan untuk fokus pada penguasaan dan tehnik mengolah data penelitian secara kuantitatif.

Materi yang dibahas pada kesempatan tersebut antara lain; Correlational Analysis, Effect Test, T-tests, Significance, ANOVA, dan Chi-Square. Berbeda dengan Webinar pada umumnya, peserta diwajibkan menginstal aplikasi SPSS sebelum hari H, sehingga mereka bisa langsung praktek mengolah data dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif.  

Peserta yang ikut serta pada kesempatan ini, tidak hanya dari kalangan mahasiswa, tapi juga dosen. Mereka berasal dari kampus dan instansi sekitar IPI Gowa, UIN Alauddin Makassar, UII Yogyakarta, Poltek Negeri Medan, Univ. Syiah Kuala Banda Aceh, BPS Sidoarjo, Univ. Lancang Kuning Pekanbaru, Univ. Indraprasta PGRI DKI Jakarta, Univ. Kristen Indonesia Bekasi, UPI Bandung, STAIN Meulaboh Aceh, dsb. Antusias peserta dalam mengikuti workshop ini terlihat dari interaktif mereka selama acara berlangsung dengan Speaker, Muh. Ahkam Arifin, S.Pd., M.Sc., TESOL., M. App. Ling, alumni Inggris dan Australia yang juga adalah dosen di prodi TBI Institut Parahikma Indonesia.

Beberapa pekan sebelumnya (18/07/2020), Himaprodi TBI yakni EDENTSA (English Education Students Association) melaksanakan Webinar yang bertajuk, “Strategies of Writing a Research Paper”. Pemateri yang dihadirkan adalah Mr. Ahkam juga.

Adapun materi yang dibahas pada saat itu adalah seputar penelitian secara umum, khususnya dalam bidang Bahasa Inggris. Topiknya antara lain How to Write Introduction & Literature Review, Methodology, Findings, Discussion, and Reference. Peserta via Zoom tersebut terdiri dari kurang lebih 100 orang yang berasal dari seluruh pelosok Indonesia.

Para dosen prodi TBI memiliki profesionalisme dibidangnya. Selain lulusan luar negeri seperti Amerika, Australia, dan Inggris, ada pula dosen-dosen TBI alumni kampus terkemuka di Indonesia. Prodi ini mencetak alumni sebagai tenaga pengajar Bahasa Inggris, peneliti dan penelaah dalam bidang Ilmu Bahasa dan pengajaran, akademisi di bidang (pendidikan, pengajaran, dan ilmu bahasa), instruktur Bahasa Inggris, dan penerjemah. Be a part of English Education Department Familiy, visit our IG: tbi_parahikma

Oleh: A.F.R.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.