TAGS: kegiatankuliah umumpembina yayasan

achievement-motivation-wayong

Makassar,  kuliah umum tentang achievement motivation Senin (26 November 2018) pukul 08.00 hingga pukul 11.00 di Kampus 2 Institut Parahikma Indonesia Jl. Tamangapa Raya Antang Makassar. Kuliah umum kali ini sangat memotivasi seluruh mahasiwa(i) IPI, sekaligus sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut.

Adapun pemateri yang di hadirkan tak lain dan tak bukan ialah sosok yang sangat luar biasa yakni Bapak H. Moh.. M.Ed., Ph.D yang memaparkan bagaiamana cara belajar bahasa inggris yang baik dan bagaiaman cara memperoleh beasiswa keluar negeri.

Didalam penjelasannya beliau berkata,  “Membuka jendela yang luas untuk sampai ke dunia yang lebih luas, nah  untuk sampai di sana harus mulai dari mana? Dengan tujuan terus mengikuti jejak melalui buku Essensial Idioms in English penulisnya Robert Davidson. hingga ke buku Your Basic Vocabulary. Salah satu cara agar kita bisa keluar negeri ialah dengan cara memperbanyak kosakata, didalam memulainya kita bisa belajar dari orang pendiam di rumah yang hanya menggunakan 3000 kata perhari.untuk belajar bahasa inggris kita tidak butuh waktu yang lama, kita hanya butuh waktu 6 bulan saja. Kata kunci didalam mempelajari bahasa inggris hanya 2 yaitu: English and Leverage. yang di mulai dengan kemauan, minat, usaha,dan perhatian. Saya juga sempat membaca buku yang di karang oleh Hiposantoso yang judul bukunya 7 keajaiban rezeki  yang di dalamnya terdapat pepatah “ semakin anda pikirkan maka semakin dekat akan terjadi”. Jadi semakin sering kita berfikir untuk keluar negeri maka semakin dekat impian itu akan terjadi “.

“Cara belajar yang baik ialah dengan cara mengajarkan apa yang kita ketahui kepada orang lain. Mengikuti jejak dan saran dari Prof. Dr. Azhar Arsyad , M.A melalui pengalaman beliau dimana 15 persennya itu ilmu dan 85 persennya itu praktek karena keyakinan saya dapat keluar negeri maka selesai masalah, karena sekali keluar negeri maka kita akan terus- menerus keluar negeri untuk memotong garis kemiskinan secara turun temurun because English is the key to the world “, tambahnya.

achievement-motivation-mahasiswa-aktif-menjawab-pertanyaan

Tak lupa pula di penghujung acara beliau memberikan quis dan memberikan hadiah kepada para mahasiswa (i) yang mampu menjawab pertanyaan dari beliau. Adapun pertanyaan –pertanyaan yang di ungkapkan antara lain:

  1. Apa nama program beasiswa yang menjadi sponsor saya untruk keluar negeri mengambil gelar S2?
    Pertanyaan ini di jawab oleh mahasiswa yang bernama Gunawan prodi ekonomi syariah semester 5 jawabnnya ialah program IDAM.
  2. Apa nama program beasiswa yang menjadi sponsor saya untuk keluar negeri mengambil S3?
    Pertanyaan ini di jawab oleh mahasiswi bernama Febriyanti syuamsuddin prodi ekonomi syariah semester 3 jawabannya AYUSEC.
  3. Sebutkan 2 kunci untuk bisa keluar negeri?
    Pertanyaan ini dijawab oleh mahasiswi Sumarni prodi ekonomi syariah semester 3 jawabannya Bahasa inggris dan pengalaman.

Sungguh sangat luar biasa sudah bisa meluangkan waktunya untuk datang ke kampus kitra tercinta IPI untuk membagi ilmunya dan memberikan hadiah kepada teman- teman. Tiada kata yang pantas kami ucapkan melainkan hanya kata terima kasih yang sebesar-besarnya sudah datang dan menginspirasi kami semua dalam meniti kesuksesan.

Penulis: Emi Sri Rahayu Fatimah (UK JPC)

Author

Perjalanan ribuan mil dimulai dengan satu langkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.