Laporan Kinerja Tahunan Institut Parahikma Indonesia (IPI)

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan serta dinamika masyarakat, Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa pada awalnya didirikan terdiri atas dua (2) Fakultas dan tiga (3) program studi. Yakni Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) yang mengelola prodi Manajemen Pendidikan Islam dan Tadris Bahasa Inggris serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) yang mengelola satu prodi yakni Ekonomi Syari’ah. Akan tetapi saat ini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) bertambah satu lagi prodi yakni Pendidikan Agama Islam.

Evaluasi Institusi Perguruan Tinggi Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa secara berurutan mencakup atas : (1)Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi, (2) Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama, (3) Mahasiswa, (4) Sumber Daya Manusia, (5) Keuangan, Sarana, dan Prasarana, (6) Pendidikan, (7) Penelitian, (8) Pengabdian kepada Masyarakat dan (9) Luaran dan Capaian Tridharma.

Adanya kesamaan persepsi dari semua civitas akademika Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa pada masa yang akan datang nampak jelas dari visi “Terwujudnya Pembelajaran Profesional Berbasis Hikmah (al-Qur’an dan Sunnah), Pengembangan Inner Capacity, dan Pembudayaan Information Communication, and Technology (ICT) pada tahun 2025. Visi yang ditetapkan ini melalui serangkaian proses dan melibatkan segenap aspek telah menjadi motivasi, pasiion, komitment serta menggerakan seluruh civitas akademika Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa sehingga tonggak-tonggak capaian dalam bentuk strategi dan program ke arah pencapaian visi dan misinya dicapai secara berkesinambungan.

Dalam tahap pelaksanaan, penentuan standar juga dilakukan yaitu melalui penerapan standar atas akademik dan non akademik seperti dalam bidang pembelajaran, bimbingan dan konseling, pengembangan minat dan bakat, pengembangan softskills, beasiswa juga kesehatan. Sebagai konsekuensi dari proses pelaksanaan yang berlandas pada standar adalah luaran dalam bentuk prestasi, yang dicapai mahasiswa baik di bidang akademik dalam bentuk IPK, minimnya angka drop-out, maupun non akademik seperti prestasi nasional dan internasional.

Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa sejak awal sudah menentukan standar pengelolaan yang lengkap baik untuk tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan mulai tahap pengelolaan, rekruitmen, penempatan dan pengangkatan serta pengembangan karir bagi tenaga kependidikan dan kompetensi keilmuan bagi pendidik melalui pendidikan formal dan informal kesemua ini dilakukan secara terbuka dan berlaku untuk semua. Upaya memotivasi sumber daya manusia di melakukan evaluasi seperti studi kepuasan, salah satu hasilnya selain dipakai untuk pengembagan juga untuk pemberian penghargaan bagi yang berprestasi bahkan sangsi bagi tenaga pendidik dan kependidikan yang melanggar kewajiban dan standar-standar kepatutan.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.