MoU Tadris Bahasa Inggris dan Fol-Up Kegiatan
TAGS: idp education makassarIPIMoU tbiPBI UIN Alauddin Makassarprodi tbiSekolah Bahasa bolasugiworkshop

Prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI) telah melaksanakan beberapa kerjasama dalam bentuk MoU dengan instansi lain yang berkecimpung dalam koridor bahasa inggris. Bentuk kerjasama yang dibangun adalah berupa pengembangan SDM dosen, program peningkatan kualitas mahasiswa/i, konsultasi study abroad, seminar, workshop, English practicum with native speakers, dan konferensi internasional khususnya pada lingkup TBI.

Adapun instansi yang telah melakukan kerjasama antara  lain adalah jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UIN Alauddin Makassar, idp Makassar, dan Sekolah Bahasa Bolasugi. Meskipun dalam rentan waktu yang tak cukup lama, namun TBI senantiasa aktif dalam melakukan berbagai fol-up MoU.

Salah satu bentuk kegiatan dari realisasi MoU dengan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UIN Alauddin Makassar, TBI mengundang Dr. Sitti Nurpahmi, M.Pd. yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jurusan PBI UIN Alauddin Makassar untuk menjadi pemateri pada Workshop: Research Methodology in English Education.

Kegiatan yang dihelat pada tanggal 22 Oktober silam itu dikhususkan untuk kalangan dosen TBI. Pada kesempatan tersebut, seluruh peserta mengeksplor segala hal seputar penelitian yang bisa dilakukan baik oleh mahasiswa, dosen, dan kerjasama antar keduanya.

Pada pembukaan workshop tersebut, Kaprodi TBI, Aminah, S.Pd.I, M.Pd menyampaikan bahwa sebagai dosen yang diharuskan menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan/pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat), maka seluruh dosen TBI diharapkan berperan aktif dalam menjalankan tiga hal tersebut. Penelitian yang dilakukan oleh dosen nantinya tidak hanya terbit di jurnal terakreditasi nasional, namun juga menembus jurnal terakreditasi internasional seperti Scopus.

Segmen lain dari realisasi MoU pada prodi TBI akan terus berlanjut, baik dalam lingkup akademis, pengembangan SDM, dan pengabdian masyarakat. Segala bentuk fol-up MoU TBI nantinya menjadi konstribusi besar terhadap kemajuan prodi dalam memenuhi persyaratan pengajuan reakreditasi prodi TBI kedepannya yang termaktub pada 9 standar.

Bukan hal yang tidak mungkin, prodi TBI bisa bersaing dengan jurusan pendidikan bahasa inggris di kampus swasta atau negeri lainnya. Mengingat dosen TBI memiliki SDM lulusan luar negeri dan dari institusi terkemuka di Indonesia. Penerapan LMS (Learning Management System) dan menjalankan program mulai tingkat regional, nasional, bahkan internasional merupakan kegiatan yang common and feasible, dan seluruh mahasiswa juga terlatih menjadi event organizer pada seluruh model program tersebut.

Penulis: Amhy Faezarobbani (UKM JPC)

 

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.