TAGS: kegiatantadris bahasa inggris

LMS 2Pada era industri 4.0 dan serba digital, konsep pembelajaran distance learning yang juga dikenal dengan internet based learning ataupun e-learning menjadi salah satu pilihan sistem belajar mengajar kelas digital. Selain kontak sosial yang dominan dengan gadget, di masa kini pembelajaran pun tak lepas dari sistem online. Sistem konvensional yang lebih monoton pada tatap muka langsung merupakan salah satu sistem pembelajaran yang dianggap sudah ketinggalan.

Oleh karena itu terobosan baru berupa sistem synchronous dan asynchronous mulai dilakukan sebagai variasi dalam proses belajar mengajar. Tidak hanya di Indonesia pola pembelajaran online ini sudah mendunia, bahkan sudah dijadikan hal paten dalam dunia perkuliahan khususnya dalam rana kampus.

Sistem synchronous merupakan interaksi antara beberapa segmen yang saling berhubungan khususnya dalam proses belajar mengajar,  dan terjadi secara bersamaan atau real time . Selain itu, dibutuhkan koneksi internet yang kuat dalam proses seperti ini.

Namun jika diperlukan tatap muka untuk pembahasan teori lalu interaksi lainnya dilanjutkan dalam bentuk online sewaktu-waktu, maka itulah yang disebut asyncronous. Tentunya hal ini menjadi tantangan yang harus dijawab oleh institusi pendidikan termasuk di Institut Parahikma Indonesia.

Online system sejalan dengan trilogy system yang ada di kampus ini, yakni Bahasa Inggris, inner capacity, dan ICT, maka diadakan pelatihan berkelanjutan melalui sistem LMS (Learning Management System). Melalui LMS khususnya Moodle.  Moodle  adalah singkatan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment, dimana aplikasi ini memungkinkan mahasiswa untuk terlibat langsung dalam kelas digital yang diharapkan dapat menciptakan akselerasi pembelajaran dan teknologi literasi.

pelatihan LMS

Prodi Tadris Bahasa Inggris adalah salah  satu prodi yang memberikan pelatihan LMS ini, dengan menghadirkan pemateri sekaligus dosen tetap IPI serta pengelola Wenglish yang juga merupakan kelas digital. Beliau adalah  M. Ahkam A, S.Pd, M.Sc. TESOL yang menyelesaikan Masternya di Universitas Edinburgh, Inggris. “IPI adalah salah satu kampus swasta yang menerapkan Moodle yang juga diaplikasikan diluar negeri seperti di Universitas Monash Australia. Saya yakin bahwa walaupun IPI adalah kampus swasta, namun dengan mengaplikasikan pola LMS ini, maka kita bisa bersaing dengan kampus terkemuka baik di dalam negri maupun luar negri”, ungkapnya.

Oleh: Aminah

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.