brotherhood-endesta

Pada tanggal 15 sampai 16 Desember 2018 telah dilaksanakan kegiatan yang bertajuk “ Edentsa Brotherhood”  yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Bahasa Inggris (TBI) yang biasa juga disebut English Education Department Students’ Association (EDENTSA). Kegiatan ini dilaksanakan di Wisma Bulog Malino dan diperuntukkan bagi mahasiswa/i semester I TBI Periode 2018/2019.

Adapun tujuan dilaksanakanya kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi antara senior dan junior  baik itu dari angkatan ke-I sampai dengan angkatan ke-III dan tema “FRUITS (Fraternity, unity and solidarity)” menjadi pilihan panitia kali ini. Event ini dihadiri oleh 50 mahasiswa Tadris Bahasa Inggris, sekertaris jurusan, dan juga beberapa staff IPI. Hal ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan Bahasa inggris mahasiswa TBI dengan cara dan suasana yang lebih menyenangkan dimana mahasiswa di ajar, namun juga diselingi dengan games-games agar lebih menarik dan tidak membosankan.

Dalam brotherhood ini, sambutan pertama di sampaikan oleh Hendriawan selaku ketua panitia menyatakan bahwa kegiatan ini adalah sebagai wadah bagi adik-adik semester I untuk lebih mengenal dan belajar tentang Bahasa Inggris, adapun anggaran biaya yang dikeluarkan dalam kegiatan ini berjumlah Rp. 4.000.000-.

Sambutan kedua disampaikan oleh Asri wahyuni ningsih selaku sekertaris HMPS Tadris Bahasa Inggris menyatakn bahwa kegiatan ini bukanlah kegiatan dimana adik-adik semester 1 TBI dipeloncokan (bullying), namun kegiatan ini merupakan kegiatan yang berbeda dari kegiatan –kegiatan pengkaderan diluar sana. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkenalkan apa itu TBI dan juga sebagai ajang pembentuk kesatuannya seluruh mahasiswa Tadris Bahasa Inggris. Selain itu beliau juga menyampaikan permohonan maaf ketua HMPS TBI yaitu A. marami emir makkasau yang tidak menyempatkan diri hadir di acara ini.

Sambutan ketiga disampaikan oleh sekertaris prodi Tadris Bahasa Hardiani Hardin S.Pd., M.Pd. sekaligus membuka kegiatan tersebut. Dari sambutan beliau mengatakan bahwa kegiatan ini sangat menarik dan unik, dimana kasih sayang terbentuk baik itu mahasiswa maupun dosen. Kegiatan ini adalah kegiatan yang kedua kalinya diadakan oleh HMPS TBI yang dimana memang telah terbukti kesolidaritasnya serta keunikanya.

brotherhood-endesta-foto-bersama

Selama kegiatan ini berlangsung panitia menyiapkan aturan bahwa seluruh peserta, panitia maupun senior diwajibkan berbahasa inggris dan apabila ditemukan tidak berbahasa inggris maka akan dikenakan hukuman (punishment) guna mengasah speaking mahasiswa TBI. Inti dari kegiatan ini adalah ”Brotherhood Night”, peserta dianjurkan berkreasi untuk menampilkan yel-yel, parodi film, dan lipsing untuk menarik perhatian  peserta serta bersenang-senang bersama dengan seniornya.  Kegiatan ini berlangsung sangat meriah namun yang tidak kalah penting adalah dimana mereka tetap mengingat background dari kampusnya yaitu tetap mengedepankan suasana religinya seperti sholat berjamaah. Kegiatan ini dirangkaikan dengan Anniversary “EDENTSA” yang ke-2 tahun berdirinya (22 November 2016).

Nuansa seperti ini sangat bermanfaat dimana tercipta persaudaraan antara mahasiswa semester I sampai semester III, sehingga tidak ada yang mendominasi antara senior dan junior serta tidak adanya peloncoan, dan tetap mengedepankan nilai-nilai agama,sehingga “EDENTSA BROTHERHOOD” ini merupakan salah satu kegiatan yang dianggap menerapkan nilai-nilai tersebut.

Ditulis oleh Asri Wahyuni Ningsih (UKM JPC)
Editor : Aminah & Sry Mulyani

Author

Perjalanan ribuan mil dimulai dengan satu langkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.