Prof. Abdu Al-Halabi, merupakan Lawyer, ahli dalam Islamic Studies, ahli Arabic Language Teacher for non speaker, berhadir memberikan kuliah umum di Kampus II IPI, pada hari Rabu 25 April 2018.

Di Institut Parahikmah Indonesia selain penguatan Hikmah, Bahasa Inggris, dan ICT, yang menjadi pilar utama, IPI juga menjadi wadah pengembangan keilmuan lainnya, seperti menyiapkan wadah bagi tamu Asing yang berkunjung untuk berbagi pengetahuan dibidangnya.

Seperti pada saat kunjungan professor dari syiria memberikan kuliah umum, IPI membuat MOU agar menambah waktu kunjungan Prof. Abdu Al-Halabi setiap hari Jumat agar melaksanakan kursus Bahasa Arab bagi dosen dan mahasiswa IPI.

pemateri dari timur tengah

Bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an, ada yang memahaminya sebagai bahasa dunia akhirat. Berbahasa Arab sangatlah penting untuk memantapkan pemahamaman terhadap ajaran agama Islam. Pimpinan IPI memberikan peluang terbaik bagi mahasiswa untuk belajar langsung pada ahlinya. Belajar bahasa arab dengan baik harusnya berkunjung ke Negara Arab, namun karena waktu terbatas dan berbagai kesibukan, IPI menyiapkan wadah belajar lanagusng pada lidah orang Arab.

Founding Father IPI merupakan profesor bidang manajemen dan Bahasa Arab, namun beliau sangat tawadu mengakui secara ilmiah dan secara moral bahwa lidah orang arab sangat fasih berbahasa Arab dari orang Indonesia. Sehingga belajar Bahasa harus langsung pada pakarnya, minimal belajar kepada guru yang pernah belajar ke luar negeri.

Melihat kiprah dalam Bahasa Arab di Indonesia Prof Azhar ahlinya, namun ketika ada peluang terbaik, seperti tamu yang berkunjung, beliau dengan berbesar hati ingin belajar dan menyiapkan wadah agar disalurkan secara langsung kepada mahasiswa terkhusus kampus yang didirikannya. Hal tersebut dilakukan berdasarkan pengalaman saat menjabat sebagai Rektor yang mengubah IAIN Alauddin menjadi UIN Alauddin Makassar.

Tidak banyak orang di Indonesia ingin mengorbankan harta, waktu dan tenaganya untuk pendidikan, namun Prof. Dr. Azhar Arsyad MA, mendedikasikan seluruh ilmu dan hartanya demi pendidikan di Indonesia dan dunia.

Jika ingin melihat bukti kongkret, ayo berkunjung dan berkuliah di Institut Parahikma Indonesia.

Ditulis oleh Muhammad Asriady

Author

Perjalanan ribuan mil dimulai dengan satu langkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.