Raker IPI: Melejitkan SDM Civitas Akademika Menuju Kampus Global Berperadaban
TAGS: eksyar kegiatanfakultas ekonomi dan bisnis islamfakultas tarbiyah dan keguruanIPImpipaitbi
Foto bersama setelah Pembukaan Rapat Kerja Institut Parahikma Indonesia

Dengan mengangkat tema” Konsolidasi dan penyamaan persepsi untuk peningkatan budaya mutu perguruan tinggi”, raker ini bertujuan untuk menyatukan prespektif dalam mengaktualisasikan visi dan misi institut. Rapat tersebut dihelat pada tanggal 2 – 3 Juli 2019 dan menghasilkan banyak ide cemerlang untuk dilaksanakan di sepanjang  tahun akademik 2019/2020 mendatang.

Pada pembukaan Raker Institut tersebut, Rektor IPI, Prof Azhar mengingatkan seluruh dosen dan tenaga kependidikan untuk mencanangkan berbagai proker yang mengarah pada akreditasi, peningkatan dan prakterk Bahasa Inggris bagi seluruh civitas akademika, penerapan hikmah dalam beragama agar kita senantiasa memperhatikan akhlaqul karimah dalam bergerak, serta penggunaan ICT dalam proses pembelajaran.

Seluruh wakil rektor bidang akademik, administrasi, serta kemahasiswaan mencanangkan beberapa hal urgent yang perlu dijalankan selama menjabat. Begitupula UPT yang ada pada institusi ini diantaranya Lembaga Penjaminan Mutu, Pusat Pengembangan Bahasa, LP2M, serta Pangkalan Data.

Sumber Daya Manusia yang ada di institusi ini, meskipun dirintis mulai 2016 terbukti memiliki mutu yang patut diacungkan jempol. Salah satu prestasinya adalah terpilihnya 4 dosen IPI yang menjadi penerima beasiswa MoRA dari Kementrian Agama yakni Abdi Rahmat Syam, Nurwahidah, Khaliq Bashar, dan Hasanuddin yang menlanjutkan gelar Doktornya di Inggris, Belanda, dan Australia.

Ada pula dosen alumni luar negeri seperti Tunisia, Amerika dan Australia yang juga mengajar di kampus ini. Dosen-dosen lainnya adalah alumni terbaik dari beberapa kampus terkemuka dalam negeri yang memiliki potensi sebagai da’i, public speaker, penyiar televisi, dan juga pakar di beberapa bidang pengabdian pada masyarakat dan profesionalisme individu.

Pada pelatihan TOEFL ataupun scholarship sharing di luar kampus, dosen-dosen IPI seperti Ardilla yang menjabat sebagai Kepala LP2M, Fatmawati sebagai Sekretaris Pusat Bahasa, Nurwahida selaku Warek 2,  juga sering diundang sebagai pemateri. Ketika ada isu mengenai kebangsaan dan keislaman, feminisme dan gender, ekonomi, dan topic lainnya pun, dosen-dosen IPI yang diundang sebagai pembicara adalah seperti Pak Mansyur selaku Dekan Fakultas Tarbiyah, Pak Asriady yang menjabat sebagai Kepala UPT Perpustakaan, dan Aminah sebagai Kaprodi Tadris Bahasa Inggris, Takdir yang juga diamanahkan sebagai Kaprodi Pendidikan Agama Islam dan masih banyak lagi dosen yang punya bakat dan skill mumpuni di IPI.

Terkait Penulisan Jurnal ada pula dosen yang jurnalnya sudah menembus Scopus seperti Muhammad ahkam Arifin dan Ardilla. Ada jurnal prodi yang telah dibuat dan akan menyusul pembentukan jurnal fakultas dan institut nantinya. Prestasi lainnya adalah baru-baru ini diadakan pembekalan calon peserta sertifikasi dosen di Kopertais wilayah VIII, dan dosen-dosen di IPI yang lolos sebanyak 16 orang.

Tenaga kependidikan yang ada di Institusi ini juga telah menerapkan pusat data berupa siakad, sehingga seluruh dosen dan mahasiswa bisa menjalankan administrasi secara online juga seperti penginputan nilai, pengurusan KRS dan KHS, penetapan dosen Pembimbing Akademik, dan sebagainya. Tentunya hal ini sangat memudahkan mahasiswa dalam mengakses data serta informasi akademik dan meningkatkan kedisiplinan dosen untuk menjalankan tugasnya dengan penggunaan teknologi.

Pada proses pembelajaran, dosen-dosen sebagian besar menerapkan Learning Management System (LMS) untuk pemaparan RPS dalam bentuk online system. Mahasiswa bisa mengetahui silabus  atau rentetan materi yang akan dia pelajari selama satu semester ke depan, tugas dilakukan secara online juga melalui quiz, pembuatan artikel, video, dan penilaiannya juga langsung bisa diakses via website atau daring.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.