TAGS: fakultas tarbiyah dan keguruankegiatanmanajemen pendidikan islam

rakep-prodi-pak jawawi

Setiap sesuatu pastinya tak lepas dari ‘pengaturan’. Maka dari itu segala hal harus dipikirkan sematang mungkin demi tercapainya suatu visi misi. Manajemen mempunyai 4 fungsi utama, yaitu P.O.A.C, Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling.    Salah satu pakar manajemen, Aloc Mackenzie pernah mengatakan bahwa yang menjadi elemen penting dalam manajemen ada 3, yaitu ide, sesuatu, dan seseorang.

Program studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Parahikma Indonesia (MPI Parahikma) mengadakan rapat kerja dosen Manajemen Pendidikan Islam beserta mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam.

rakep-prodi-mpi

Rapat kerja dengan tema “Merambah Kesuksesan dengan Konsep Manajemen” ini berlangsung di Villa Bahagia, Malino. Pada pembukaan rapat kerja, ketua prodi MPI mengharapkan agar dosen dan mahasiswa bisa bekerja sama di berbagai bidang, “Manajemen itu pengelolaan. Jadi semuanya harus kita manage sebaik mungkin. Harus bisa disinkronkan dengan konsep-konsep lainnya”, ucap Mansyur Abyed dalam sambutannya.

Selain itu, ketua Himpunan Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam (HMPS) juga memberikan beberapa arahan terkait rapat kerja yang akan belangsung selama 3 hari, 19-21 Oktober 2018 tersebut.

“Adanya raker ini untuk menjalin persaudaraan sesama mahasiswa MPI dan dosen. Jadi, disini kita tidak mencari perpecahan apalagi perselisihan”, ujar Mursyid. “Mewakili HMPS, saya sangat berharap hasil daripada rapat kerja ini dapat memberikan maksimal, sesuai dengan harapan kita”, tambahnya.

Program studi di bawah naungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ini mempunyai visi “Terwujudnya pembelajaran profesional dalam bidang ilmu manajemen pendidikan Islam berbasis hikmah (Al-Qur’an dan Sunnah), pengembangan Inner Capacity, dan pembudayaan Information Communication and Technology (ICT) pada tahun 2025”.

Sedangkan misi dari Program Studi MPI adalah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang ilmu Manajemen Pendidikan Islam berbasis hikmah (Al-Qur’an dan Sunnah) secara profesional dalam meraih kecerdasan spiritual, emosional, dan intelektual.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam ilmu Manajemen Pendidikan Islam berbasis hikmah (Al-Qur’an dan Sunnah) yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip ilmiah dan berorientasi pada pengembangan keilmuan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu Manajemen Pendidikan Islam berbasis hikmah (Al-Qur’an dan Sunnah) berorientasi pada pemberdayaan umat dalam bingkai Islam rahmatan lil ‘alamin.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dalam ilmu Manajemen Pendidikan Islam dengan berbagai pihak dalam rangka penguatan kelembagaan.

Raker tersebut tidak hanya dihadiri oleh dosen dan mahasiswa MPI, tapi juga beberapa pimpinan institut, seperti Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Kepala Bagian Umum Institut Parahikma Indonesia, dan Kepala Biro Institut Parahikma Indonesia. Selain itu, Pembina Yayasan Parahikma Indonesia juga turut hadir pada kegiatan ini ini menunjukkan dukungan yang luar biasa dari pihak institut untuk kegiatan ini.

Oleh :

Yuda al-Awwam

Author

Perjalanan ribuan mil dimulai dengan satu langkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.