Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa merupakan perguruan tinggi keagamaan Islam swasta yang didirikan oleh Prof. Dr. H. Azhar Arsyad, M.A., Rektor UIN Alauddin Makassar Periode 2001-2011, berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2732 Tahun 2016 tentang Pendirian Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa tanggal 16 Mei 2016.

Dengan menjadikan ilmu hikmah, suatu kajian agama Islam dari sisi esoterisnya, Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa memberikan penguatan karakter mahasiswa yang dipadukan dengan keterampilan bahasa Inggris dan ICT. Dalam mewujudkan generasi berperadaban, cerdas, dan terampil yang menjadi motto kampus ini, pihak Yayasan Parahikma Indonesia yang membawahi Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa telah menyiapkan sumber daya manusia berupa dosen dan staf alumni beberapa perguruan tinggi terkenal dalam dan luar negeri seperti Amerika, Belanda, Australia, dan lain-lain yang telah dibekali kemampuan ilmu hikmah, bahasa Inggris, dan ICT dalam mendukung atmosfer akademik pendidikan tinggi yang bermutu.

Dalam usianya yang ketiga, Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa telah membuka empat program studi terakreditasi yaitu Tadris Bahasa inggris, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Agama Islam, dan Ekonomi Syariah.