OJK 2

MAKASSAR Sabtu, 30 Maret 2019 tepatnya di Hotel Aston Makasar telah terselenggara Seminar dan Roadshow yang diadakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan tema “EDUKASI KEUANGAN bagi komunitas Investor, Karyawan, dan Pengusaha “ yang bekerja sama dengan departemen literasi dan inklusi keuangan.

Adapun yang menjadi pemateri pada seminar kali ini merupakan orang yang sangat mumpuni dan berpengalaman di bidang investasi diantaranya bapak Ryan Filbert, Dicky dan beberapa pembicara lainnya.

Didalam materi yang di sampaikan oleh bapak Ryan Fillbert yang merupakan orang berpengaruh dalam perekonomian di Indonesia tidak hanya itu beliau juga merupakan penulis16 buku best seller didalam materinya beliau menyampaikan mengenai reksa dana dimana pada perbankan itu sendiri hanya sebagai agen penyalur/ penjual reksa dana, yang menjadi pihak pengelola ialah manajer investasi reksa dana. Apabila kita pemula dalam menanam saham sebaiknya di mulai dari reksa dana.

Reksa dana itu terdiri atas 4 macam diantaranya :

  1. Reksa dana pasar uang sama dengan deposito jangka waktunya 1 tahun.
  2. Reksa dana pendapatan tetap sama dengan obligasi jangka waktunya 1 – 3 tahun.
  3. Reksa dana pasar campuran jangka waktunya 1 – 5 tahun.
  4. Reksa dana pasar saham > 5 tahun.

OJK 3

Sebagai pemula kita bisa memulai reksa dana pasar saham atau kita juga bisa mempertimbangkan terlebih dahulu mengenai kebutuhan kita kedepannya, karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda – beda. Dimana kaya itu perlu di rencanakan dan miskin tidak perlu di rencanakan.karena prinsip seseorang dikatakan betul – betul kaya ialah jikalau mereka tidak pernah mengeluarkan uang sama sekali, papar Emi selaku salah satu peserta seminar tersebut.

 

 

Penulis: Emi sri rahayu Fatimah (UKM JPC)

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.