TAGS: kegiatansosialisasi

sosialisasi-siakad

Online System di era digital ini menjadikan  kita senantiasa berkompetisi dengan menerapkan sistem informasi berbasis ICT. IPI sebagai salah satu kampus baru pun turut andil dalam memanfaatkan teknologi guna mengakses data secara mudah kapanpun dan dimanapun. “Hal ini dilakukan sebagai bukti bahwa IPI juga mengikuti perkembangan zaman serta bisa berkompetisi secara eksternal dengan berbagai kampus ternama di Indonesia”, tutur Muhammad Azhar Hairuddin selaku Kasubbag Akademik Data dan Sistem Informasi. Dia menginisiasi pembuatan SIAKAD ini dan dibantu oleh para staf yang berkompeten di bidang tersebut.

tampilan-siakad-kampus-ipi

Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Institut, merupakan sebuah sistem informasi yang berfungsi sebagai integrator informasi akademik yang ada di berbagai unit akademik (program studi/fakultas) sekaligus sebagai sarana komunikasi antar civitas akademika kampus. Sistem ini dibangun dari kondisi eksistensi informasi akademik dikampus yang sangat beragam dan bervariasi bentuknya, sehingga membutuhkan sebuah “sitem informasi akademik” yang akan mengintegrasikan informasi-informasi tersebut sehingga mempermudah akses publik.

suasana-sosialisasi-portal-akademik

SIAKAD ini digunakan oleh administrator, dosen, mahasiswa, dan jurusan.  Pada SIAKAD ini, mahasiswa bisa mendaftar dan mengelola kartu rencana studi, mengecek nilai, mencetak kartu hasil studi, mencetak transkrip nilai, mencetak kartu ujian, hingga umpan balik untuk memberi kritik dan saran seputar akademik.  Selai itu, dosen juga bisa mengecek menginput nilai serta mengevaluasi nilai yang bermasalah secara online.

Sistem ini diharapkan bisa membuat kinerja dosen lebih efektif, kemudahan dalam mengakses data secara online, membuat mahasiswa/i ebuh disiplin terkait dengan sistem administrasi kampus, serta evaluasi secara langsung melalui umpan balik kritik, saran, dan jawaban. Oleh karena itu, dalam mencapai tujuan yang efektif serta efisien, pihak prodi melakukan sosialisasi terkait hal ini. Dimulai dari prodi MPI selama sehari dimulai tanggal 5 November 2018, dan berturut dilanjutkan di hari lain oleh prodi TBI, EKSYAR, dan PAI. Di samping itu, dilakukan pula sosialisasi visi misi tiap prodiutamanya bagi mahasiswa/i baru di IPI. Semua itu tentunya diharapkan akan membantu meningkatkan kualitas kampus menuju akreditasi yang lebih baik.

Penulis: A.F.R.

Author

Perjalanan ribuan mil dimulai dengan satu langkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.