Sukses itu Saling Merangkul

Sukses memiliki jalannya masing-masing, seperti sukses karir, cinta, keluarga, pendidikan dan pekerjaan. Di zaman milenial ini banyak yang mengejar sukses dimulai sejak menjadi mahasiswa. Mahasiswa itu aktif dan diakui oleh Perguruan Tinggi, Terdaftar di Forlap Dikti (salah satu definisi). Ada juga yang mengatakan bahwa mahasiswa itu, aktif belajar kapanpun dan dimanapun walau tidak terdaftar di perguruan tinggi manapun (dikenal sebagai mahasiswa kehidupan).

Mahasiswa harus mengembangkan kecerdasan intelektualnya, kecerdasan emosionalnya dan kecerdasan spiritualnya dengan cara aktif membaca, aktif berdiskusi dan aktif menulis. Berpadu dengan aturan yang berlaku di perguruan tinggi dipijakinya, mengembangkan seluruh potensinya agar menjadi lebih baik setiap harinya.

Perjalanan sukses seorang mahasiswa harus menentukan tujuannya, Abraham Lincoln pernah mengatakan “jika kita menyadari keberadaan kita dan tahu apa yang kita inginkan, maka kita pasti tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana mendapatkannya”.

Seseorang yang mampu menentukan hidupnya di masa depan, Ia akan menemukan kehidupan yang lain dan tidak rela disetiap detik dalam kehidupannya terbuang begitu saja. Jika tidak memiliki tujuan hidup, maka akan selalu hidup dalam tekanan dan dibawa bayang- bayang kehiduan orang lain.

Ibrahim Elfiki dalam bukunya Terapi berfikir Positif mengatakan bahwa ada tujuh aspek penting dalam kehidupan yang perlu difahami lalu direalisasikan.

Pertama, Aspek Spiritual yang meliputi cinta kepada Allah, toleransi sepenuhnya dan murah hati. Kedua, Aspek kesehatan terdiri atas berfikir sehat, pola makan yang sehat dan olahraga. Ketida, Aspek kepribadian yang terdiri atas percaya diri, pengembangan diri, penghargaan teradap diri sendiri, dan citra diri. Keempat, Aspek keluarga terdiri atass hubungan dengan keluarga, suami-isteri, dan hubungan orang tua anak. Kelima, Aspek sosial mencakup hubungan dengan masyarakat dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain. Keenam, Aspek profesi terdiri atas tujuan bekerja, pekerjaan, prestasi, dan perbaikan keterampilan. Ketujuh, Aspek material terdiri atas pendapatan yang ada dan target keuangan yang akan dicapai.

Mahasiswa tentunya ingin merealisasika setiap langkah sukses kehidupannya agar mampu menebarkan kebermanfaatan dimasa hidupnya.

Pesan inspiratif dari Sepercik Inspirasi untuk Nurani bahwa “kita hidup bukan semata bertujuan untuk mensukseskan diri sendiri namun berusaha saling merangkul agar sama-sama sukses.

Dari itu, berpadulah dengan alam dimana anda berpijak, kampus dimana anda kuliah, lingkungan dimana anda berada dengan saling mengaja bukan mengejek, merangkul bukan memukul, menghargai bukan menodai. Mahasiswa yang sukses harus saling merangkul sejak dini agar meraslisasikan konsep kesuksesan disetiap desahan nafasnya. Semangat, Sukses, Berkah.

Muhammad Asriady

Author

Perjalanan ribuan mil dimulai dengan satu langkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.