Edentsa Family Brotherhood dirangkaikan  dengan LDKM
TAGS: brotherhoodhmps tbi edentsaIPIprodi tbi

Himpunan Mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI) yang tergabung dalam asosiasi bernama EDENTSA (English Education Department Students Association) telah menyelenggarakan acara tahunan bertajuk Brotherhood. Agenda yang melibatkan seluruh mahasiswa prodi Tadris Bahasa Inggris ini mulai angkatan T.A. 2016 – 2019 dilaksanakan di Kota Bunga, Malino.

Kali ini, pihak panitia mengangkat tema, “Be the Change You Wish to See in Edentsa”, dimana tema tersebut diinspirasi oleh tokoh kemanusiaan bernama Mahatma Gandi. Tema ini dimaksudkan agar seluruh pengurus, panitia, dan peserta bersama membuat perubahan yang berarti dan pesat khususnya di prodi TBI sebelum terjun ke masyarakat nantinya, dan itu dimulai dari perubahan diri. Ketua Panitia, A. Iqram Anas, menyampaikan dalam sambutannya bahwa untuk menjalankan organisasi dan kerjasama perlu adanya intensitas komunikasi dan saling terbuka satu sama lain antar Edentsa Family.

Brotherhood yang diadakan selama 2 hari, (7-8/ 12/ 2019) ini selain untuk menyambut mahasiswa/i baru ditengah keluarga besar Edentsa, tujuannya lainnya adalah agar tak ada lagi rasa canggung antara senior dan junior dengan harapan akan ada saling kolaborasi dan solidaritas dalam rangka unjuk kreativitas serta misi kemanusiaan baik secara internal institusi maupun diluar kampus. Dalam praksisnya tidak boleh ada istilah plonco atau melakukan kekerasan terhadap satu sama lain.

Pada acara pembukaan, bu Hardiani Ardin, S.Pd., M.Pd selaku sekretaris Prodi TBI membuka acara dan menyampaikan beberapa hal dalam sambutannya, ” Saya sangat mengapresiasi diadakannya keigatan ini. Jika ingin melihat TBI unggul, maka mulailah dengan hubungan kalian dulu (solidaritas antar kalian). Karena jika hubungan kalian baik, maka apapun usaha kalian terhadap kemajuan TBI insya Allah bias berjalan lebih baik. Yan senior merangkul, membimbing, dan mensupport juniornya dalam hal positif. Sebaliknya yang junior menghormati seniornya layaknya adik kakak”.

Selain, acara formalitas Brotherhood, juga diselenggarakan LDKM (Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa) yang tiap materinya dibawakan langsung ole senior TBI. Diselingi dengan indoor and outdoor games, membuat kegiatan ini menyenangkan dan kondusif. Serangkaian peringatan Edentsa Anniversary serta pengukuhan keluarga baru yang dipimpin oleh salah satu founder Edentsa, yakni A. Marami Emir Makkasau (demisioner Ketua HMPS TBI periode yang lalu) juga berlangsung lancar meskipun dilakukan tepat at midnight.

Sebelum acara ini dihelat, pengurus HMPS TBI telah terlebih dahulu mengadakan Welcoming new students and Family Gathering di Kampus 2 IPI, Antang. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memperkenalkan individu yang ada di TBI melalui berbagai aktivitas.

Edentsa founder, Muh. Rais menyempatkan hadir untuk memberi sambutan dan memberi semangat pada seluruh keluarga besar TBI baik yang sama-sama merintis dari awal dan yang baru untuk terus kompak. Ketua Prodi TBI, Aminah, S.Pd.I., M.Pd selain membuka acara, dan memberi sambutan saat itu, beliau juga membawakan materi seputar pentingnya pengembangan soft skill dalam menjalankan roda organisasi dan peningkatan self inner capacity. Karena kecerdasan intelektual saja tidak cukup untuk menjalankan hubungan social dan pada saat terjun di dunia karir nantinya.

Event yang dilaksanakan seharian (9/ 11/ 2019) oleh pihak HMPS TBI yang diketuai oleh Nurhijriani tersebut berlangsung meriah karena diselingi dengan banyak games diantaranya pemilihan King and Queen of Edentsa, art performance, uji kekompakan, dsb. Edi dan Wafiq terpilih menjadi the King dan the Queen yang nantinya mewakili prodi TBI dalam pemilihan Putera-Puteri IPI.

Hal yang menarik dari Family Gathering ini adalah menyatu dan meleburnya seluruh senior dan junior pada tiap kelompok. Di akhir acara, seluruh peserta bersama pengurus dan dosen menikmati afternoon boiled corn sambil menuliskan harapan baru bagi keluarga besar TBI pada Edentsa Wish Tree (pohon harapan Edentsa).

Penulis: Nurmawati (UKM JPC)

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.