IPI Gowa Adakan Asesmen Lapangan
TAGS: akreditasiBAN-PTeksyarIPImpipaitbi

Selama dua (2) hari dari Senin-Selasa (26-27/4), Institut Parahikma Indonesia menjalani proses Asesmen Lapangan (AL) secara daring dengan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Asesor yang ditugaskan melakukan AL adalah Prof. Dr. Ris’an Rusli, MA dari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dan Dr. Anang Kurnia, M. Si dari Institut Pertanian Bogor.

Kegiatan hari pertama dibuka dengan sambutan langsung oleh Rektor IPI, Prof. Azhar Arsyad, MA. Kegiatan ini juga dihadiri oleh pimpinan institut dari wakil rektor sampai ke dosen.

Dua asesor banyak menanyakan pada verifikasi data diikuti dengan bukti-bukti data yang ditunjukkan satu per satu pada layar. Hal pertama yang diminta adalah visi misi institusi. Prof. Azhar yang juga pendiri IPI menjelaskan dengan gamblang visi misi IPI yang berlandaskan ilmu hikmah, yang sumbernya berasal dari Al-Quran.

Selain penjelasan visi misi, Prof. Azhar banyak menekankan sumber daya manusia yang dimiliki oleh IPI. Para dosen adalah alumni terbaik baik dari universitas dalam dan luar negeri.

Para asesor mencecar tim akreditasi IPI dengan berbagai pertanyaan terutama  MoU dan penelitian. Tim akreditasi sudah menyiapkan data terpusat yang sisa diklik sehingga memudahkan tim akreditasi menampilkan dokumen ke layar. Proses asesmen lapangan ini juga disertai dengan beberapa perubahan data yang harus diselesaikan di hari yang sama.

Meski pelaksanaan asesmen ini berlangsung dalam suasana Ramadan, proses asesmen tetap berlangsung dengan lancar. Asesmen hari pertama ditutup dengan tanya jawab asesor dengan alumni.

Di hari kedua, tim asesor melakukan asesmen pada Kepala Biro AUAK, para dosen, staf, dan mahasiswa. Prof. Ris’an menyatakan bahwa SDM di Institut Parahikma Indonesia sangat luar biasa, beliau pun berharap poin tracking alumni dalam 3 tahun terakhir akan mengisi slot reakreditasi kedepannya.

Dr. Anang pun menyebutkan bahwa dari beberapa pertanyaan mengenai saran untuk perbaikan institusi, hampir seluruh civitas akademika IPI mengemukakan jawaban yang memuaskan diikuti dengan berbagai bukti dokumen. Seluruh tim akreditasi Institut berharap bahwa hasil dari asesmen lapangan ini sangat baik dan berimplikasi baik pula bagi seluruh civitas akademika IPI.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.