PARAHIKMA LANGUAGE CENTER SUKSES GELAR INTERNATIONAL SCHOLARSHIP WORKSHOP
TAGS: eksyarmpipaipalacepusat bahasa ipitbi

Event ISWORK yang dilaksanakan oleh Pusat bahasa IPI berlangsung lancar dan sukses. Acara yang dihelat di Ramedo hotel ini mampu menghadirkan 114 peserta baik dari kalangan dosen, mahasiswa, siswa SMA, dan umum. Acara ini dipandu oleh MC yang juga alumni Amerika dengan beasiswa Fulbright, Nurwahida. Salah satu alasan AMINEF dan Education USA Academy menjadi sponsor adalah karena adanya 3 alumni Fulbright di ISWORK, yaitu MC dan 2 pemateri lainnya.

Para peserta tersebut berasal dari berbagai instansi, antara lain UNHAS, IAIN Palopo, UIN Alauddin Makassar, Poltekes Kemenkes Makassar, UNM, UMI, IAIN Bone, BPS Kab. Luwu Timur, BPS Kab. Luwu Timur dan Jeneponto, SMAN 1 Maros, SMAN 5 Gowa, SMAN 21 Makassar, DinKes Kab. Sinjai, Pesantren Sultan Hasanuddin, Institut Parahikma Indonesia, dll.

Ketua Panitia ISWORK, Fatmawati Akhmad, yang juga menjadi salah satu pembicara menyatakan, “ Kegiatan ini selain untuk memberikan strategi lolos beasiswa luar negeri dan cara mengerjakan tes IELTS, juga memberikan banyak informasi seputar beasiswa bagi lulusan SMA, dan alumni universitas. Saya sangat berharap,ISWORK bisa dilaksanakan tiap tahun oleh pusat bahasa IPI. Dan bagi peserta yang ikut event kali ini bisa menjadi scholarship receiver di tahun 2020 berkat event ini”.

Adapun materi yang disampaikan pada event yang diselenggarakan pada ari Sabtu (18/01/2020) ini antara lain oleh Chendani Budhi selaku alumni Minnesota University dan Education USA advisor  menjelaskan seputar strategi menulis CV dan menghadapi tes interview, M. Ahkam Arifin (alumni double degree di Edinburgh, Inggris dan Melbourne Australia dengan beasiswa MoRA dan LPDP) membawakan Tips and tricks mendaftar beasiswa).

Arief Balla (alumni master beasiswa Fulbright, Carbondale Amerika) menjelaskan penulisan personal statement, Fatmawati Akhmad (alumni S2 Fulbright di Marshall University, USA) mempresentasekan strategi mengerjakan tes IELTS Listening and Reading, dan Ahmad Ardilla Rahman (LPDP grantee, Melbourne Australia)  yang membawakan materi seputar strategi mengerjakan tes IELTS Writing and Speaking. Tiga diantara pemateri ISWORK adalah dosen tetap di Institut Parahikma Indonesia.

Di sela materi yang dipresentasikan dengan yel-yel “show me the way”, para peserta disuguhkan pula ice breaking dan kompetisi seru.  Para peserta yang beruntung mendapatkan vector dari salah satu sponsor ISWORK ini, yaitu FR Creative Design. Yang paling bergengsi dari doorprizenya ialah dari AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation), Fulbright Indonesia, dan Education USA Academy.  Peserta beruntung lainnya juga mendapatkan souvenir cantik dari Lily Boutique. Adapun media yang ikut turut andil pada acara ini adalah Tribun Timur, Ujung Pandang Express, dan Makassar Event.

Tentunya, teori sebaiknya diikuti dengan praktek. Oleh karena itu, setelah lunch break para peserta melakukan simulasi tes untuk mengetahui prediction score dan sejauh mana kemampuan mereka mengerjakan tes IELTS.

Dan dari peserta yang ikut simulasi IELTS tersebut, terbaik pertama adalah Indirawati Asfah dari UNM, runner up 1 adalah Ashifa Cahyani dari UNHAS, dan runner up 2 adalah Nurkhalisha dari UNM. Sementara ada banyak peserta beruntung lainnya yang mendapatkan beberapa doorprize di akhir acara.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.