Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Institut Parahikma Indonesia
TAGS: Febi IPIftk ipiIPIPPLprodi eksyarprodi mpiprodi tbi

Di awal semester VIII, Mahasiswa Institut Parahikma Indonesia melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai salah satu prasyarat sarjana dan pemenuhan SKS kurikulum. Sebelum berangkat ke lokasi PPL, pihak birokrasi beserta para dosen IPI baik dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) maupun Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) serentak melakukan pembekalan serta pelepasan mahasiswa PPL T.A. 2016/2017.

Acara pembekalan yang dihelat pada (08/02/2020) tersebut dihadiri oleh pihak birokrasi dan civitas akademika lainnya.  Rektor IPI secara resmi melepaskan mahasiswa PPL dan berpesan banyak hal pada mereka agar senantiasa manjaga nama baik almamater dan setiap gerak mencerminkan trilogy IPI yakni wisdom, ICT, dan English.

Pada pembekalan PPL tersebut, mahasiswa dibekali berbagai pengetahuan seputar profesionalisme prodi, strategi lapangan, cara membuat laporan PPL, hingga pada persoalan praksis yang sekiranya dihadapi di lokasi PPL.

Adapun lokasi yang dipilih sebagai tempat PPL Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) terkhusus prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI) dan prodi  Manajemen Pendidikan Islam (MPI)  antara lain Pondok Pesantren Al-Haris, PT. Perkebunan Nusantara XIV, SMK Tekno Terapan Makassar, Pondok Pesantren Madinah di Perintis, Madrasah Madani Alauddin Pao-Pao, Pondok Pesantren Ash-Sholihin, dan Kementrian Agama Gowa.

Sementara Prodi Ekonomi Syari’ah menempatkan mahasiswa PPL nya di Bank Muamalat, BRI Syariah, Dompet Dhuafa, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Pengadilan Negeri Agama Sungguminasa, Kementrian Agama Gowa, KEMENAG Makassar, PT. BNI Syariah, dan Kanwil Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan PPL ini berlangsung hingga tanggal 10 Maret 2020 untuk dilakukan Penarikan dari lokasi PPL masing-masing. Sembari melakukan tugas tersebut, mahasiswa tingkat akhir tersebut selalu dihimbau untuk mengerjakan draft skripsi agar sepulang PPL, mereka bisa melaksanakan Seminar Proposal sampai ke tahap selanjutnya.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.