TBI: PROGRAM TALK ON TESOL & PENGEMBANGAN SDM MAHASISWA
TAGS: idp education makassarprodi tbiSekolah Bahasa bolasugitalk on tesoltvri

Talk on TESOL adalah salah satu kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI), Institut Parahikma Indonesia (IPI). Pada event ini, prodi TBI mengundang seluruh civitas akademika maupun umum yang tertarik menggeluti dunia pendidikan Bahasa Inggris untuk ikut berpartisipasi.

Pada Talk on TESOL seminar batch two kali ini dihadiri oleh 106 peserta baik dari kalangan mahasiswa IPI, dosen-dosen IPI, staf, juga kategori umum termasuk  mahasiswa dari luar IPI dan guru sekolah. Target utamanya adalah pengembangan SDM mahasiswa/i Tadris Bahasa Inggris dalam mempresentasikan materi in English.

Tema yang diangkat pada seminar tersebut adalah 21st Century ELT: “Approaches to Effective Teaching”. Maksud dari diangkatnya tema dari event yang dihelat pada (21/12/2019) silam ini ialah untuk berbagi pengetahuan seputar pengajaran Bahasa Inggris di abad 21 yang cenderung pada teknologi,  interdisipliner, serta revolusi industri 4.0.

Pemateri yang membawakan presentase penelitian antara lain adalah Aminah, S.Pd.I., M.Pd yang membawakan  materi ’Various communication Activities and conducive Atmosphere in ELT”, dan Sri Mulyani, S.S., M.Pd dengan pembahasan ‘Language Learning Strategies”.

Selain itu, ada pula Ahmad Ardillah Rahman, S.Pd., M.Ed yang membahas tentang “Online Learning Management System (LMS)” dan Muhammad Ahkam Arifin, S.Pd., M. Sc., M.A. yang memaparkan mengenai “Principles and Grammar Instruction”.

Diantara peserta ada yang menanyakan tentang problematika yang mereka hadapi disaat proses  belajar mengajar dan perolehan bahasa kedua pada pelajar bahasa asing. Berbagai strategi pengajaran pun ditawarkan oleh seluruh pemateri.

Mereka pun berharap bahwa event semacam ini terus dilaksanakan di masa mendatang untuk menjadi wadah saling bertukar pikirannya para pegiat pendidikan terkhusus di bidang bahasa Inggris.

Selain Talk on TESOL, seluruh dosen TBI memberikan tugas dan praktikum terkait bahasa inggris. Misalnya, mata kuliah Translation Practicum, melaksanakan praktek menerjemahkan berita di TVRI (21/12/2019), yang dibawakan langsung oleh penerjemah dan penyiar berita khusus bahasa inggris, yakni Marwah Juwita, S.S, M. Hum (berkiprah selaku dosen dan anchor TVRI SulSel).

Kunjungan praktikum berikutnya adalah di Sekolah Bahasa Bolasugi untuk praktek Translating text and interpreting dengan praktek langsung bersama turis, Jeremy Hicks. Dilanjutkan praktek legal document translation di IDP Makassar, yang dibawakan oleh Abner Haya (konselor dan pengajar IELTS Program) pada (09/01/2020).

Tidak hanya pada mata kuliah tersebut, dosen –dosen TBI lainnya juga memberikan berbagai project assignments dalam bentuk Journal Review, Microteaching, distance learning design, Cross cultural understanding exhibition, seminar practicum, Interviewing education public figure, and reporting the result in LMS, dsb.

Sebagian besar tugas mahasiswa TBI dikirim di LMS sebagai bentuk pembiasaan ICT dan kedisiplinan waktu dalam pengerjaan tugas. Apalagi di era industry 4.0., prodi Tadris Bahasa Inggris yang sudah resmi terakreditas BAN-PT ini, selalu memantau perkembangan dunia akademik untuk melejitkan SDM mahasiswa TBI baik dari segi ICT, English, dan inner capacity.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.